Religi

Inilah Penyebab Rezeki Seret Menurut Pandangan Islam

lifestyle.fin.co.id - 20/08/2023, 14:59 WIB

Penyebab rezeki seret

Penyebab Rezeki Seret -   Rezeki tidak hanya diberikan kepada mereka yang senantiasa beriman dan taat kepada Allah, namun juga bagi mereka yang selalu lalai dan mengingkari-Nya. Karenanya, tidak semua rezeki yang diperoleh seseorang tergolong baik.

Setiap orang pasti mengharapkan hidupnya selalu dilimpahkan rezeki dan kebaikan dari Allah SWT. Dalam Islam, kedua hal tersebut telah ditentukan sesuai kadar dan porsinya. 

Rezeki terbagi menjadi dua macam, yakni materi dan nonmateri. Contoh rezeki berupa materi adalah uang, gaji, jabatan, dan kendaraan. Sedangkan rezeki nonmateri dapat berupa kebahagiaan, keselamatan, dan kesehatan.

Dalam ajaran agama Islam, umat muslim yang rajin bersedekah akan dilapangkan rezekinya oleh Allah SWT. Selain sedekah, doa juga merupakan salah satu upaya agar seseorang diberikan rezeki melimpah.

Namun, tak sedikit orang yang merasa sudah rajin bersedekah dan berdoa, namun rezeki masih saja seret. Rupanya hal ini dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan yang justru bikin rezeki seret dan sulit kaya.

BACA JUGA:

Berikut merupakan suatu hal yang membuat rezeki seret dalam pandangan islam yang penting untuk diketahui.

Kikir Atau Bakhil

Sangat jelas bagi seorang Muslim bahwa hamba yang dihinggapi kikil atau bakhil terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah akan sulit dan akan dicabut segala urusannya tentang rezeki.

Perbuatan Dosa

Yang pertama ialah perbuatan dosa. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad bersabda:

"Sesungguhnya seorang hamba akan terhalang dari rezekinya disebabkan dosa-dosa yang diperbuatnya," (HR Ahmad).

Meski sudah berusaha sebaik mungkin, dosa dapat menghambat rezeki seseorang. Baik itu dosa dalam pekerjaan seperti korupsi, menipu, mencuri, atau dosa di luar pekerjaan seperti berzina, minum khamar, judi, dan lain sebagainya.

Melalaikan Salat

Syekh az-Zarnuji melalui Kitab Ta'lim al-Muta'allim menjelaskan bahwa orang yang melalaikan salat akan terhambat rezekinya. Padahal, salat merupakan tiang agama.

Memutus Tali Silaturahmi

Dijelaskan dalam buku Bila Rezekimu Sempit Inilah Penyebabnya susunan Firdaus Aden, memutus tali silaturahmi bisa menjadi faktor terhalangnya rezeki seseorang. Bahkan, Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menjelaskan ancaman bagi mereka yang memutus tali silaturahmi.

"Tidak ada dosa yang lebih pantas disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia--bersama dosa yang disimpan untuknya di akhirat--daripada perbuatan zalim dan memutus silaturahmi," (HR Abu Dawud)

Menjalin silaturahmi dapat memperluas rezeki seseorang. Hal ini juga dikatakan oleh Nabi Muhammad dalam hadits yang diriwayatkan Muslim,

Admin
Penulis