Religi

Inilah Keutamaan Serta Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur, Simak Yuk!

lifestyle.fin.co.id - 30/08/2023, 05:00 WIB

Keutamaan berwudhu

Keutamaan Dan Manfaat Wudhu sebelum Tidur -   Salah satu keutamaan berwudhu sebelum tidur adalah, orang yang berwudhu sebelum tidur maka malaikat menemaninya dan mendoakan agar dosa hamba tersebut mendapat ampunan dari Allah SWT.

Wudhu merupakan amalan yang tidak dapat dipisah dari aktivitas seorang muslim. Wudhu tidak hanya disyariatkan untuk sholat saja, tetapi juga dianjurkan ketika hendak tidur. 

Nabi Muhammad SAW ternyata juga melakukan wudhu sebelum tidur dan menjadi kebiasaan baik serta membawa pengaruh yang baik juga untuk seseorang yang melakukannya.

Hal ini membuktikan bahwa wudhu dalam diri seorang Muslim sangat penting untuk selalu dijaga dan diperhatikan dengan baik. Manfaat wudhu sebelum tidur tak hanya berpengaruh bagi kesehatan, tetapi juga perasaan seseorang.

Hal tersebut dijelaskan dalam Kitab Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq melalui hadits yang berasal dari al-Barra' bin 'Azib RA. Ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,

إذا أَنتَ مَضْجَعَكَ فَوَضَّأَ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شَلَّكَ الأَيْمَنِ ثُمَّ قُل: اللَّهُم أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ وَالحَاتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَا ملحاً ولا منجا منك إلا إلَيْكَ اللهم انت بكتابك الَّذِي أَنزَلْتَ وَبَيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Artinya: "Jika kamu hendak tidur, hendaknya kamu berwudhu sebagaimana kamu berwudhu ketika hendak mengerjakan salat. Kemudian, berbaringlah ke arah sebelah kanan dan bacalah doa berikut: "Ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu, aku hadapkan wajahku kepada-Mu, aku serahkan segala urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu dengan rasa senang dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat perlindungan dan keselamatan melainkan hanya berharap kepada-Mu. Ya Allah aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus."

BACA JUGA:

Ada banyak keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur. Berikut keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur:

Didoakan Malaikat 

  • Keutamaan dan manfaat wudhu sebelum tidur yang pertama adalah didoakan Malaikat. Hal ini dijelaskan dalam Hadits berikut: "Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga Malaikat berdoa 'Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.' (HR Ibnu Hibban 3/329)

Mengangkat Derajat di Sisi Allah 

  • Dengan berwudhu sebelum tidur kita akan mengangkat derajat seseorang di sisi Allah. Rasulullah SAW pernah bersabda: "Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya. Para sahabat berkata: 'Tentu, wahai Rasulullah.' Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wassallam bersabda: 'Menyempurnakan wudhu walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu sholat setelah sholat, maka itulah yang disebut dengan ar-Ribath." (HR Muslim)

Wajah Menjadi Berseri-Seri

  • Seseorang yang sebelum tidur menyempatkan diri untuk berwudhu terlebih dahulu, hal ini akan membuat wajahnya menjadi berseri-seri. Tak hanya saat di dunia saja, tetapi juga saat di akhirat kelak wajah seseorang yang selalu berwudhu akan tampak terang.

Perasaan Menjadi Tenang dan Nyaman

  • Manfaat wudhu sebelum tidur yang pertama adalah membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman. Hal ini karena air wudhu yang disiramkan ke beberapa bagian tubuh dan mampu merilekskan otot-otot. Saat otot menjadi rileks, maka tubuh pun akan terasa nyaman. Hal ini juga berpengaruh pada pikiran yang turut nyaman.

Menghilangkan Dosa-dosa 

  • Keutamaan dan manfaat berwudhu sebelum tidur selanjutnya dapat menghilangkan dosa. Berikut sabda Nabi yang artinya: "Apabila seorang Muslim atau mukmin berwudhu kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu atau bersama akhir tetesan air wudhu. Apabila ia mencuci kedua kaki, maka akan keluar setiap dosa yang disebabkan langkah kedua kakinya bersama air wudhu atau bersama tetesan akhir air wudhu, hingga ia selesai dari wudhunya dalam keadaan suci dan bersih dari dosa-dosa." (HR Muslim Nomor 244).

BACA JUGA: Kumpulan Bacaan Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah Arab, Latin, dan Terjemahan, Amalkan Setiap Hari

Menjaga Imunitas Tubuh

  • Imunitas tubuh adalah hal yang sangat penting. Di mana keberadaan imunitas tubuh yang baik akan mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Jika imunitas tubuh menurun, maka akan memudahkan bagi penyakit untuk datang dan membuat seseorang menjadi sakit. Selain menerapkan pola hidup yang sehat, imunitas tubuh bisa dijaga dengan berwudhu sebelum tidur. Bahkan dijelaskan oleh seorang psikiater dan neurolog dari Austria, yakni Leopold Werner von Ehrenfels bahwa dengan berwudhu maka bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini karena air wudhu tersebut mampu merangsang saraf yang ada di tubuh dan berpengaruh pada imunitas atau dayan tahan tubuh yang lebih baik.

Itulah, penjelasan terkait keutamaan serta manfaat berwudhu sebelum tidur. Wudhu tidak hanya menjadi suatu hal yang wajib dilakukan umat muslim ketika ingin sholat atau beribadah saja, namun ada banyak keutamaan dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.***

Admin
Penulis