Religi

Sholawat Pembuka Doa, Keajaiban Sholawat, Menjadi Sebab Allah Menurunkan Rahmat

lifestyle.fin.co.id - 30/10/2023, 05:00 WIB

Keajaiban membaca sholawat nabi, sebagai pembuka doa dan Allah akan menurunkan rahmat

JAKARTA, RADARPENA.FIN.CO.ID - Bacaan sholawat jika dibaca oleh Muslimin dan Muslimat memiliki keajaiban yang akan langsung dirasakan oleh yang membaca.

Keajaiban membaca sholawat bukan cerita kosong, tetapi benar adanya karena disampaikan melalui Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW.

Keajaiban membaca sholawat baik yang pendek, terlebih teks sholawat yang panjang dampaknya tampak dari kesehatan seseorang baik mental atau fisiknya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-Ahzab ayat 56 :

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا  

Artinya : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

BACA JUGA:

Selanjutnya dalam Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh (Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

سمعَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ رجلًا يَدعو في صلاتِهِ لم يُمجِّدِ اللَّهَ تعالى ولم يُصلِّ علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ فقالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ عجِلَ هذا ثمَّ دعاهُ فقالَ لَهُ أو لغيرِهِ إذا صلَّى أحدُكُم فليَبدَأ بتَمجيدِ ربِّهِ جلَّ وعزَّ والثَّناءِ علَيهِ ثمَّ يصلِّي علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ ثمَّ يَدعو بَعدُ بما شاءَ

Artinya :  "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi). 

Jika kita pahami makna ayat dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 tersebut, jangankan kita Manusia biasa lemah tiada berdaya ini.

Allah SWT Tuhan sang Pencipta bersama Malaikat-MalaikatNya senantiasa selalu bersholawat ke atas Baginda Rasulullah SAW.

Bagi kita manusia keajaiban melantukan sholawat adalah agar Allah berkenan menurunkan rahmat untuk  kita dan sekaligus menjadi doa kita.

BACA JUGA:

Sholawat yang kita bacakan untuk  Baginda Rasulullah SAW adalah doa-doa kita untuk  kemaslahatan dan kebaikan diri kita sendiri.

Admin
Penulis