Religi

Inilah Hari dan Waktu yang Tepat untuk Memotong Rambut dalam Islam

lifestyle.fin.co.id - 02/11/2023, 04:15 WIB

Inilah Hari dan Waktu yang Tepat untuk Memotong Rambut dalam Islam

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Berbicara mengenai memotong rambut, ternyata ada hari baik potong rambut yang dipercaya oleh banyak orang. Selain itu, tak jarang menjadi pegangan sebelum seseorang hendak memotong rambutnya.

Hari baik ini dipercaya akan membawa keberuntungan tersendiri bila diikuti. Menurut hukum dalam agama islam yakni lebih tepatnya pendapat dari Imam Syafi’i.

Hari baik untuk memotong rambut adalah hari Jum’at. Tidak hanya baik untuk memotong rambut saja, akan tetapi baik juga untuk potong kuku dan bulu di hari Jum’at.

Tak hanya itu, potong rambut di hari Jumat juga termasuk ke dalam amalan Sunnah. Walaupun menurut para imam yang lainnya, kita juga bisa melakukan hal yang sama di hari biasa. Namun lebih dianjurkan dilakukan pada hari Jumat.

BACA JUGA:

Namun demikian, menurut pandangan ulama lain, hari baik potong rambut Islam ada patokan hari pasti. Kegiatan memotong rambut bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan jika diperlukan.

Walau Jumat memang dianggap sebagai hari yang dianjurkan, ada sebuah hadis yang menyebut, ‘kapan’ waktu ideal untuk memotong rambut. Hadis tersebut berbunyi:

Dari Anas Bin Malik RA ia berkata, ‘Kami diberi batas waktu (oleh Rasulullah saw.) dalam mencukur kumis, memotong kuku, mencukur bulu kemaluan, dan mencabut bulu agar kami tidak membiarkannya lebih dari empat puluh malam.’” (HR Muslim).

Selain dipercaya sebagai hari baik potong rambut menurut Islam, Jumat merupakan hari dengan sejarah penting bagi umatnya.

Nah, lain lagi dengan anjuran hari baik memotong kuku dan rambut dari sudut pandang Islam. Menurut Imam Ibnu Qasim al-Ghazi, hari terbaik untuk memotong kuku adalah hari Senin, Kamis, dan Jumat.

Perintah untuk menjaga kebersihan diri tertuang dalam Al-Quran. Rasulullah juga kerap meminta para sahabat agar senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan diri agar dicintai Allah. Hal ini dilandaskan pada hadis riwayat At Tirmidzi.

Rasulullah bersabda yang artinya, “Sesungguhnya Allah Maha Baik, dan menyukai kebaikan, Maha Bersih dan menyukai kebersihan, Maha Pemurah dan menyukai kemurahan, serta Maha Mulia dan menyukai kemuliaan. Maka dari itu, bersihkanlah diri kalian”.

BACA JUGA:

Meski demikian, ada beberapa orang yang terbiasa mencukur rambutnya pada hari Jumat. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi sunah sholat Jumat.

Diriwayatkan dalam hadits At Tirmidzi,  Rasulullah SAW selalu bersiwak, memotong kuku, serta memotong kumis sebelum berangkat ke masjid pada hari Jumat.***

Marta Saras
Penulis