Religi

Simak Tata Cara dan Waktu Pelaksanaan Shalat Taubat yang Benar

lifestyle.fin.co.id - 12/11/2023, 04:00 WIB

Tata cara dan pelaksanaan shalat taubat

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Shalat taubat adalah shalat yang dilakukan sebagai bentuk taubat atau penyesalan yang tulus ikhlas kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Shalat Taubat merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.Pelaksanaan shalat Taubat diriwayatkan dalam hadits Abu Bajar Ash-Shiddiq, Rasulullah bersabda:

"Tidaklah seorang hamba yang melakukan dosa, lalu ia bersuci dengan baik lalu ia berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian ia meminta ampunan kepada Allah melainkan Allah akan mengampuninya." (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)Sedangkan ayat yang menyebutkan Shalat Taubat:

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ ١٣٥

Artinya: "Demikian (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya. Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahui(-nya)." (QS Ali 'Imran: 135)

BACA JUGA:

Langkah-langkah Shalat Taubat

1. Berwudhu: Lakukan wudhu (bersuci) seperti biasa sebelum melaksanakan shalat.

2. Niat: Seperti dalam setiap ibadah, mulailah dengan niat yang tulus untuk melakukan shalat taubat. Niat ini harus murni dan tulus dari hati, dengan tekad untuk meninggalkan dosa-dosa serta kembali kepada Allah.

3. Takbiratul Ihram: Mulailah shalat dengan mengangkat tangan dan mengucapkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar) untuk memulai shalat.

4. Rakaat Pertama: Lakukan rakaat pertama seperti shalat pada umumnya, yakni membaca Al-Fatihah dan surat pendek atau panjang pada rakaat pertama.

5. Ruku' dan Sujud: Setelah membaca Al-Fatihah dan surat, lakukan ruku' (rukuk) dan sujud seperti dalam shalat biasa.

BACA JUGA:

6. Tasbih Taubat: Setelah sujud kedua, duduklah dengan tuma'ninah (ketenangan) dan mengucapkan tasbih taubat. Tasbih taubat ini adalah serangkaian kalimat pujian dan permohonan ampunan kepada Allah. Contoh tasbih taubat adalah "Astaghfirullah" (Aku memohon ampunan kepada Allah) atau kalimat lain yang menggambarkan penyesalan dan permohonan ampunan.

7. Rakaat Kedua: Setelah tasbih taubat, bangkitlah untuk melakukan rakaat kedua seperti biasa, dengan membaca Al-Fatihah dan surat pendek atau panjang.

Admin
Penulis