Religi

Mitos Atau Fakta? Menabrak Kucing Bakal Dapat Kesialan, Ini Jawaban Buya Yahya

lifestyle.fin.co.id - 16/11/2023, 17:00 WIB

Menabak Kucing akan mendapatkan kesialan

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID -  Dalam mitos yang berkembang di masyarakat, menabrak kucing akan mendatangkan kesialan meski tak sengaja. Apalagi jika kucing yang tertabrak tidak diurus atau dikubur.

Meskipun itu dilakukan tanpa sengaja, mitos ini terus berkembang terutama mendapat kesialan. Selain harus bertanggung jawab usai menabrak kucing, ada mitos mengerikan yang menyelimuti peristiwa itu.

Namun, menurut penjelasan Buya Yahya, dikutip dari laman YouTube Al Bahjah TV, kucing sama dengan binatang lainnya.

Jika kita berbuat dzalim terhadapnya, itu bisa jadi sebab kita masuk neraka, Karena dzalim adalah sebab masuk neraka.

BACA JUGA:

Kadang-kadang, hanya demi menghindari menabrak kucing, kita malah menabrak orang. Buya Yahya menjelaskan bahwa menabrak kucing secara tidak sengaja tidak dianggap dosa dalam Islam.

"Tapi kalau kita tidak sengaja menabrak kucing, ya tidak apa-apa daripada membahayakan kita," jelas Buya Yahya. Misal, kata Buya, kita sedang berkendara di mobil, kiri-kanan jalan parit, kita sedang membawa anak kecil. 

"Menghindari kucing akhirnya masuk selokan, ini Anda ini sudah gak normal cara berpikirnya, tidak apa-apa tidak sengaja menabrak kucing," kata Buya Yahya.

Soal mitos sial dan semacamnya menurut Buya itu tidak ada. Terlebih, ada mitos lainnya jika kita menabrak kucing hingga mati, maka kucing tersebut harus dikafani dengan pakaian termahal kita.

"Bajunya sedekahkan kepada fakir miskin kalau ingin selamat, bukan untuk mengkafani kucing," tegas Buya Yahya.

"Ambil kucingnya, gali, dikubur supaya tidak jadi bangkai yang bau," "Gak ada hubungannya nanti pamali, kuwalat, kecuali Anda berbuat dzalim kepada kucing," jelas Buya Yahya. 

Jika memag tidak sengaja menabrak kucing sampai tewas, Buya Yahya menyarankan ada baiknya kucing tersebut tidak dibiarkan di jalanan. 

"Jangan sampai setelah nabrak kucing malah ditinggalkan di pinggir jalan, karena ini akan mengganggu orang saat kucing menjadi bangkai dan mengeluarkan bau tidak sedap. Ini ganggu orang. Dosanya karena ganggu orang," jelas Buya Yahya.

BACA JUGA:

Ini menunjukkan bahwa dalam ajaran agama Islam, tindakan tersebut tidak dihukum jika itu terjadi tanpa sengaja. Begitu pula jangan pernah menaruh keyakinan aneh-aneh soal menabrak kucing.

Marta Saras
Penulis