Religi

Yuk Catat! Bacaan Doa dan Dzikir Rasulullah SAW Sewaktu Terbangun Ditengah Malam

lifestyle.fin.co.id - 17/11/2023, 20:00 WIB

Yuk Catat! Bacaan Doa dan Dzikir Rasulullah SAW Sewaktu Terbangun Ditengah Malam

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Berdasarkan sejumlah keterangan hadits dalam buku Doa-doa Rasulullah SAW oleh Ibnu Taimiyah, Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca zikir dan memanjatkan doa.

Selain itu, Rasulullah SAW diceritakan mengambil air wudhu dan salat malam saat terbangun tersebut.

Dibandingkan melanjutkan tidur, maka akan lebih baik seseorang menjalankan amalan ini untuk mendapatkan keistimewaan di dalamnya. 

salah satu manfaat berzikir adalah untuk menarik energi positif dan atau energi dzikir yang bertebaran di udara agar energi dzikir dapat masuk tersikulasi ke seluruh bagian tubuh pelaku dzikir.

BACA JUGA:

Manfaat utama energi dzikir pada tubuh adalah untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh,agar tercipta suasana kejiwaan yang tenang,damai,dan terkendali.

Barang siapa yang bisa mengamalkan dzikir ini ketika dirinya terbangun di malam hari maka akan diampuni segala dosanya.

Alm. Syekh Ali Jaber pun mengatakan, apapun alasan yang menjadi penyebab kita terbangun di malam hari maka disarankan untuk membaca dzikir ini.

"Apapun alasannya, jika terbangun di malam hari mungkin karena mau buang air, karena haus, berbaring dari kanan ke kiri atau kiri ke kanan," ucap Syekh Ali Jaber.

Keterangan ini berdasarkan dari Abdullah ibnu Abbas RA menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah terbangun tengah malam lalu beliau segera mengambil air wudhu dan melanjutkan tidurnya kembali. Berikut bunyi haditsnya,

"Suatu ketika di tengah malam, Rasulullah terbangun karena ingin membuang hajat. Kemudian setelah itu, beliau berwudhu dan tidur kembali." (HR Bukhari)

Berikut, bacaan Doa dan Dzikir yang dibaca Rasulullah saat terbangun tengah malam:

لا إله إلا الله, وحده لا شريك له, له الملك وله الحمد, وهو على كل شيء قدير, الحمد لله, وسبحان الله, ولا إله إلا الله, والله أكبر, ولا حول ولا قوة إلا بالله

Laa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamd, wa huwa 'alaa kulli syai-in qodiir, Alhamdulillaah, wa Subhaanallaah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

BACA JUGA:

Marta Saras
Penulis