Religi

Bolehkah Membawa HP yang Terinstall Al-Quran ke dalam Toilet, Begini Hukum dan Penjelasannya

lifestyle.fin.co.id - 22/11/2023, 04:00 WIB

Hukum membawa hp yang terinstall Al-Quran ke dalam toilet

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Membawa HP yang terinstall Al-Quran ke dalam toilet telah menjadi masalah kontroversial dalam masyarakat muslim. 

Beberapa menganggap hal ini sebagai bentuk penghinaan dan kekurangan penghormatan terhadap kitab suci.

Sementara yang lain berpendapat bahwa membawa hp yang terinstall Al-Quran hukumnya fleksibel tergantung pada niat dan konteks.

Dalam Islam, Al-Quran dianggap sebagai firman Allah yang suci dan haruslah dihormati. Oleh karena itu, banyak orang yang berargumen bahwa membawa HP yang terinstall Al-Quran ke dalam toilet adalah tindakan yang tidak pantas. 

Mereka berpendapat bahwa tempat tersebut bukanlah tempat yang pantas untuk membuka atau menyentuh Al-Quran.

Di sisi lain, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa hukum membawa HP yang terinstall Al-Quran ke dalam toilet bisa bersifat relatif dan bergantung pada niat individu dan konteksnya. 

BACA JUGA:

Misalnya, jika seseorang tidak memiliki niat atau tujuan untuk meremehkan Al-Quran, tetapi membawa HP tersebut ke dalam toilet karena alasan kebutuhan atau keterbatasan fisik, maka tindakan ini dianggap mubah (diperbolehkan).

Mengutip dari laman resmi Kemenag RI, dalam hal ini, ulama kontemporer menjawab pertanyaan tersebut sebagaimana yang terdapat dalam fatwa-fatwa kontemporer yang dikompilasikan dalam kitab Mauqi’ul Islam, Sual wa Jawab halaman 53:

ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻮﺍﻻﺕ ﺍﻟﺘﻲ ﻭﺿﻊ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺃﻭ ﺗﺴﺠﻴﻼ، ﻻ ﺗﺄﺧﺬ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ، ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻟﻤﺴﻬﺎ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻃﻬﺎﺭﺓ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﺨﻼﺀ ﺑﻬﺎ، ﻭﺫﻟﻚ ﻷﻥ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻟﻴﺲ ﻛﻜﺘﺎﺑﺘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺼﺎﺣﻒ، ﻓﻬﻲ ﺫﺑﺬﺑﺎﺕ ﺗﻌﺮﺽ ﺛﻢ ﺗﺰﻭﻝ ﻭﻟﻴﺴﺖ ﺣﺮﻭﻓﺎ ﺛﺎﺑﺘﺔ، ﻭﺍﻟﺠﻮﺍﻝ ﻣﺸﺘﻤﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ

“Handphone atau smartphone yang di dalamnya terdapat Al-Qur’an baik yang tampak sebagai tulisan atau berupa audio tidak dihukumi sebagai mushaf. Oleh karena itu boleh memegangnya dalam keadaan hadats dan juga boleh membawanya ke dalam toilet. Ini disebabkan tulisan Al-Qur’an yang tampak di HP atau Smartphone tidak seperti tulisan dalam mushaf, tulisan tersebut adalah getaran listrik atau pancaran sinar yang bisa nampak dan bisa hilang serta bukan merupakan huruf yang tetap. Lebih dari itu, dalam HP atau Smartphone terdapat banyak program atau data selain Al-Qur’an.”

BACA JUGA:

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa membawa ponsel yang dilengkapi aplikasi Al-Quran adalah boleh, tetapi kita tetap harus menghormati Al-Quran. 

Oleh karena itu, ketika hendak membawa ponsel ke toilet, usahakan untuk tidak membuka aplikasi Al-Quran. Wallahu a'lam.

Puspa Sari Dewi
Penulis