Trend

Imlek 2024, Gong Xi Fa Cai Angpao Na Lai, Apa Sih Artinya

lifestyle.fin.co.id - 06/02/2024, 13:48 WIB

Imlek 2024: Gong Xi Fa Cai Angpao Na Lai

FIN.CO.ID -  Pada Sabtu, 10 Februari 2024 mendatang, masyarakat Tionghoa merayakan tahun baru Imlek 2575 kongzili. Selain ucapan Gong Xi Fa Cai, tradisi lain yang ditunggu adalah Angpao Na Lai. Tahu gak artinya apa?

Angpao selalu identik dengan Imlek. Angpao biasanya berisi sejumlah uang yang diberikan kepada anak-anak yang mengucapkan 'Angpao Nai Lai'. 

Dalam bahasa Hokkien, Angpao Na Lai berasal dari bahasa Mandarin, Hong Bao Na Lai.  Secara harfiah, Hong Bao Na Lai atau Angpao Na Lai yaitu 'berikan saya amplop merah'. 

Amplop merah yang dimaksud adalah Hong Bao atau Angpao. Nah, Angpao sendiri berasal dari kata 'ang' yang berarti 'merah'. Sementara 'pao' berarti amplop. Bagi masyarakat Tionghoa, warna merah memliki arti keberuntungan. 

BACA JUGA:

Pemberian Angpao saat Imlek bukan sesuatu yang wajib. Angpao merupakan simbolis untuk menunjukkan kepedulian dan kebahagiaan kepada sesama. 

Sesuai tradisi, angpao diberikan oleh orang yang sudah berkeluarga kepada anak-anak, orang tua, anggota keluarga yang belum menikah, atau sanak kerabat. Isi Angpao juga tidak menentu. Tergantung kemampuan orang yang memberinya. 

Imlek 2024: Gong Xi Fa Cai Angpao Na Lai-fin/diolah-

Arti Angpao Na Lai 

Ucapan ini sering dilontarkan oleh anak-anak, remaja, dan orang yang belum menikah saat perayaan Imlek kepada orang yang lebih tua atau sudah menikah.

Angpao Na Lai bukan sekadar permintaan uang. Melainkan ungkapan harapan untuk menerima keberuntungan dan berkah melalui Angpao saat Imlek. Biasanya diucapkan bersamaan dengan Gong Xi Fa Cai! Ang Pao Na Lai.

BACA JUGA:

Arti Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile

Salah satu ucapan yang paling terkenal saat Tahun Baru Imlek adalah Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile. 

Dalam Bahasa Indonesia Gong Xi Fa Cai Xin Nian Kuaile artinya selamat tahun baru, semoga mendapatkan kebahagiaan, keberhasilan, kemakmuran, dan menghasilkan lebih banyak uang atau keuntungan.

Gong Xi artinya selamat. Sedangkan Fa Cai artinya kemakmuran, keberhasilan, keberuntungan. Atau bisa juga diartinya menghasilkan lebih banyak uang. 

Sementara Xin Nian Kuaile, terdiri dari kata Xin Nian. Artinya tahun baru. Sedangkan Kuaile artinya bahagia. 

Sehingga Xin Nian Kuaile berarti selamat tahun baru semoga berbahagia. Namun, masyarakat Tionghoa lebih sering menggunakan kalimat Xin Nian Kuaile untuk memberikan ucapan selamat tahun baru Imlek, dibandingkan Gong Xi Fa Cai.

Rizal Husen
Penulis