Tips n Trik

Simak Tips Healing Keren Tanpa Menguras Isi Dompet

lifestyle.fin.co.id - 06/02/2024, 17:28 WIB

Berkunjung ke Perpustakaan

FIN.CO.ID -  Healing  atau proses mencari hiburan sesaat dari kesibukan sehari-hari merupakan salah satu solusi untuk meredam stres.

Proses dari healing tiap orang pun berbeda-beda, ada yang suka tinggal di rumah atau bersua dengan teman-teman di luar kota, hingga sekadar duduk menikmati keindangan alam yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Berikut adalah tips mencari lokasi yang bisa Anda lakukan untuk healing yang efektif dan murah.

  1. Pergi ke Museum Sejarah atau Museum Seni

    Tentunya salah satu solusi bagi Anda yang ingin mencari lokasi healing dengan budget murah, dekat dengan rumah, dan mudah untuk dijangkau adalah dengan pergi ke museum bersejarah atau museum pameran-pameran seni yang diadakan oleh komunitas atau perorangan. Tempat-tempat seperti inilah yang memiliki nilai estetika tinggi sehingga mampu mengurangi rasa stres yang Anda alami. Bahkan dalam sebuah penelitian psikologis, ketika seseorang pergi melihat karya seni dapat menjadi terapi efektif untuk kejiwaannya.

  2. Berkunjung ke Perpustakaan Berkunjung ke Perpustakaan-- Destinasi perpustakaan menjadi tempat healing yang sederhana tetapi memiliki kesan yang sangat baik apalagi untuk mengurangi rasa stres. Hal ini dikarenakan suasana perpustakaan yang sunyi dan damai, kemudian Anda bisa bersantai sejenak dari kesibukan dan mengalihkannya dengan membaca buku yang diinginkan. Suasana seperti ini dapat memulihkan perasaan yang awalnya hampa menjadi penuh warna kembali.

  3. Melihat Flora dan Fauna di Kebun Binatang Kebun Binatang Menjadi Destinasi Healing-- Kebun Binatang merupakan salah satu destinasi untuk melakukan healing singkat dengan biaya yang cenderung murah juga. Tak hanya menyuguhkan berbagai informasi menarik terkait dengan flora dan fauna yang terdapat di dalam kebun binatang, Anda juga dapat berinteraksi dengan satwa tertentu sebagai salah satu aktivitas yang ditawarkan oleh pihak kebun binatang. Dipercaya oleh beberapa ahli psikis, berinteraksi dengan binatang dapat meredakan stres.
  4. Menikmati Situs-situs Bersejarah

    Situs Bersejarah Menjadi Destinasi Healing-- Cara paling mudah untuk mengenali kehidupan yang telah terjadi ratusan bahkan berabad tahun yang lalu, selain membaca lewat buku, Anda juga bisa mengunjungi situs-situs bersejarah yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan yang dekat dengan rumah Anda. Situs-situs bersejarah ini tak hanya meninggalkan informasi penting, melainkan dapat menjadi sebuah tempat bagi Anda untuk merenungkan kehidupan dan menikmati peninggalan sejarah yang pernah berjaya pada masanya.

Empat poin di atas merupakan tips yang bisa Anda terapkan untuk mencari tempat healing singkat tanpa harus mengeluarkan dana yang banyak. Jadi, sudah siap berangkat untuk healing?

BACA JUGA:

Rangga Dipa
Penulis