Beauty

Jangan Asal Pakai, 8 Jenis Masker Wajah Sesuai Tipe Kulit

lifestyle.fin.co.id - 10/02/2024, 22:09 WIB

Jenis masker wajah harus disesuaikan dengan tipe kulit. Sumber foto: pixabay

FIN.CO.ID – Jangan asal memakai masker wajah! Hal ini untuk mencegah terjadinya break out atau ketika kulit wajah mengalami iritasi, kemerahan, dan banyak jerawat.

Nah, berikut ini jenis-jenis masker wajah yang disesuaikan dengan tipe kulit. Yuk, simak ulasannya!

1. Clay Mask

Sudah pernah mencoba clay mask atau masker berbahan tanah liat? Jenis masker wajah ini adalah salah satu cara terbaik untuk merawat dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu, dikutip melalui Healthline, clay mask mengandung kaolin atau bentonite yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih, membantu mengatasi kulit kering, dan mencegah jerawat.

Clay mask sangat cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Gunakan setiap seminggu sekali selama 15 menit.

Bagi yang memiliki jenis kulit kering, sebaiknya menghindari jenis masker wajah ini. Karena cara kerjanya yang menyerap minyak, akan membuat kulit kering kehilangan kelembapan dan semakin kering, bahkan mengelupas.

2. Sheet Mask

Kandungannya ada berbagai macam dengan khasiat yang berbeda untuk kulit, seperti hyaluronic acid: menghidrasi kulit, ceramides: menghalangi kulit dari polusi udara dan bakteri, serta antioksidan: melindungi kulit dari paparan radikan bebas.

Dilansir dari Cleveland Clinic, sheet mask baik untuk menenangkan kulit sensitif, iritasi, dan terbakar. Sheet mask membuat wajah lebih lembap karena bisa mendistribusikan cairannya secara merata lewat lembarannya. Selain itu, jenis masker wajah ini memiliki kandungan serum atau essence yang sangat kaya, sehingga baik untuk kulit yang kurang terhidrasi.

Jangan bilas setelah menggunakan sheet mask ya! Ada baiknya, Moms segera meratakan serum atau essence ke seluruh wajah, area leher, serta tangan dan kaki agar cerah merata.

Sheet mask cocok digunakan untuk jenis kulit apa pun, kecuali yang berjerawat. Gunakan 2 kali seminggu selama 20 menit.

BACA JUGA :Jangan Salah! Ini 5 Tips Perawatan dengan Masker Wajah yang Tepat

BACA JUGA:Rekomendasi Masker Wajah Alami Agar Kulit Nampak Lebih Sehat, Klik di Sini untuk Informasi Lengkapnya!

3. Cream Mask

Masker berbasis krim sangat cocok buat kulit normal hingga kering. Sebab, jenis masker wajah ini memberikan kelembapan dan hidrasi, serta melembutkan kulit wajah.

Cream mask tersedia dalam berbagai bentuk. Diantaranya masker kaolin, masker antioksidan, dan masker untuk mencerahkan, melembabkan, mengurangi munculnya kerutan, atau membantu melawan noda. Gunakan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

4. Gel Mask

Gel mask atau masker gel akan sangat optimal digunakan untuk jenis kulit sensitif dan kering. Jenis masker wajah yang satu ini punya tekstur ringan, lembut, dan cepat diserap. Biasanya gel mask punya bahan dasar seperti mentimun, teh hijau, dan mint yang berguna untuk menghidrasi kulit dan mengencangkan kulit wajah.

Gel mask juga cocok bagi Anda yang sedang mengalami iritasi kulit, kulit kemerahan akibat terbakar matahari, dan kulit kering.

Eko Nugros
Penulis