Kesehatan

7 Gejala Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai: Identifikasi Dini Untuk Pencegahan

lifestyle.fin.co.id - 25/02/2024, 08:20 WIB

FIN.CO.ID - Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita, tetapi juga bisa terjadi pada pria.

Deteksi dini sangat penting dalam menangani kanker payudara, karena semakin cepat kanker terdeteksi, semakin baik peluang kesembuhannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala-gejala kanker payudara yang harus diwaspadai.

BACA JUGA:

1. Benjolan atau Pembengkakan

Salah satu gejala paling umum dari kanker payudara adalah adanya benjolan atau pembengkakan pada payudara atau di bawah ketiak. Benjolan ini bisa terasa keras atau tidak beraturan dan biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

2. Perubahan Bentuk atau Ukuran Payudara

Kanker payudara juga dapat menyebabkan perubahan bentuk atau ukuran payudara. Ini bisa berupa perubahan bentuk payudara, seperti penarikan atau penonjolan pada kulit, atau perubahan ukuran, seperti payudara yang terlihat lebih besar dari biasanya.

3. Perubahan pada Kulit

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada kulit di sekitar payudara. Ini bisa berupa kemerahan, pembengkakan, atau kerutan pada kulit, atau perubahan warna, seperti menjadi lebih gelap atau lebih pucat.

4. Nyeri atau Sensasi Tidak Nyaman

Kanker payudara bisa menyebabkan nyeri atau sensasi tidak nyaman pada payudara atau di sekitar ketiak. Sensasi ini bisa berupa rasa sakit, ketidaknyamanan, atau perasaan berat pada payudara.

5. Cairan dari Puting

Kanker payudara juga bisa menyebabkan cairan keluar dari puting, terutama jika cairan tersebut berdarah atau berwarna kecoklatan. Cairan yang keluar dari puting tanpa tekanan atau iritasi juga bisa menjadi tanda kanker payudara.

BACA JUGA:

Kiky Adeana Sisca
Penulis