Beauty

4 Kegunaan Dari Centella Asiatica Yang Dimanfaatkan Dalam Produk Perawatan Kulit.

lifestyle.fin.co.id - 28/02/2024, 19:11 WIB

4 Kegunaan Dari Centella Asiatica Yang Dimanfaatkan Dalam Produk Perawatan Kulit.

FIN.CO.ID - Jika Anda sering menggunakan produk perawatan kulit, kemungkinan beberapa di antaranya mengandung Centella Asiatica.

Tanaman yang juga dikenal sebagai daun pegagan ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam krim perawatan wajah.

Secara rutin, penggunaan Centella Asiatica dapat memberikan manfaat meredakan peradangan, memperkuat produksi kolagen, mengurangi garis halus, dan menyegarkan kulit secara keseluruhan.

Berbagai Manfaat yang Ditawarkan Oleh Centella Asiatica Dalam Perawatan Kulit

Centella Asiatica, juga dikenal sebagai daun pegagan, adalah tanaman tropis asli Asia Tenggara yang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit.

Ekstrak dari tanaman ini terbukti efektif dalam mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi masalah kulit seperti eksim dan kusta.

Manfaatnya terutama berasal dari kandungan triterpenoid yang ada di dalamnya, serta senyawa lain seperti asiaticoside, asam Asiatic, madecassoside, dan asam madasiatik yang mendukung kesehatan kulit.

1. Anti Penuaan

Skincare yang mengandung Centella Asiatica adalah untuk mencegah penuaan dini. Tanaman pegagan ini kaya akan Flavonoid dan senyawa aktif yang disebut Madecassoside.

Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang membantu melawan kerusakan dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Madecassoside juga meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen untuk menjaga kulit agar tetap muda dan elastis, mengurangi risiko timbulnya kerutan dan garis halus.

2. Menenangkan Kulit

Centella Asiatica juga memiliki manfaat menenangkan dan menyembuhkan luka pada kulit karena kaya akan saponin. Senyawa ini, yang juga dikenal sebagai asiaticosides, efektif mengatasi kulit sensitif, peradangan, iritasi, dan gatal. Bahkan, dapat mengurangi sensitivitas kulit secara signifikan.

3. Penyembuhan Berbagai Masalah Kulit

Centella Asiatica dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti eksim, psoriasis, pembuluh darah, dan stretch mark. Penggunaannya juga bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan jerawat serta mencegah timbulnya jaringan parut dan noda hitam di wajah.

4. Pelembap Kulit

Sebagai bahan dasar skincare, Centella Asiatica berfungsi sebagai pelembap kulit. Kandungannya seperti beta-karoten dan fitokimia menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Penggunaan rutin skincare dengan bahan dasar ini dapat mengatasi kulit kasar dan iritasi, menjadikan kulit tampak mulus dan sehat.

Maka, dalam memilih produk perawatan kulit, pastikan untuk memeriksa keberadaan Centella Asiatica dalam kandungannya untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari perawatan kulit tersebut.

Mega Oktaviana
Penulis