Kesehatan

Faktor Tekanan DarahTinggi yang Harus Diketahui

lifestyle.fin.co.id - 03/03/2024, 12:01 WIB

FIN.CO.ID - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah dalam pembuluh darah terlalu tinggi.

Ini adalah masalah kesehatan umum yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya jika tidak diatasi dengan tepat. 

BACA JUGA:

Tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah pada dinding pembuluh darah meningkat secara berlebihan. Pembuluh darah yang berada dalam keadaan tekanan tinggi dapat mengalami kerusakan seiring waktu.

Ketika pembuluh darah rusak, dapat menyebabkan penyumbatan, pecahnya pembuluh darah, atau pembekuan darah, yang semuanya dapat mengakibatkan masalah serius.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, antara lain:1. 

1. Faktor Genetik: Riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi serupa.

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat: Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, makan makanan tinggi garam dan lemak jenuh, serta kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

3. Kegemukan atau Obesitas: Berat badan berlebihan juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

4. Usia: Risiko tekanan darah tinggi meningkat seiring bertambahnya usia seseorang.

5. Stres: Stres kronis dapat memengaruhi tekanan darah seseorang.

6. Penyakit Tertentu: Beberapa kondisi medis seperti diabetes, penyakit ginjal, dan gangguan kelenjar tiroid juga dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Mengelola tekanan darah tinggi sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. Cara-cara untuk mengelola tekanan darah tinggi antara lain:

1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat: Ini meliputi makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, menghindari merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol.

2. Mengontrol Berat Badan: Menurunkan berat badan jika terlalu berat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kiky Adeana Sisca
Penulis