Wisata

10 Negara Paling Gak Aman Buat Wanita, Jangan Melancong Sendirian!

lifestyle.fin.co.id - 05/03/2024, 20:37 WIB

Ilustrasi - Korban pelecehan

FIN.CO.ID - Kejadian seorang istri asal Spanyol bersama suaminya yang diperkosa 7 pria saat liburan di India viral di medsos. 

Pengakuan ini seolah-olah memberi pesan kepada banyak wanita di seluruh dunia agar berhati-hati saat berlibur ke negara itu. 

Dengan keadaan penuh luka dan memar, mereka mengunggah video di Instagram untuk menceritakan apa yang terjadi saat itu. Di mana sang suami diserang bahkan diancam akan dibunuh. Sementara sang istri dipukuli dan diperkosa oleh 7 pria.

Selama ini India tercatat sebagai salah satu negara paling tidak aman bagi wanita. Sebanyak 90 kasus pemerkosaan dilaporkan terjadi setiap hari selama 2022.

Tak hanya India. Ada beberapa negara lain yang dikenal negara berbahaya bagi wanita. Negara mana saja?

BACA JUGA:

10 Negara Tidak Aman bagi Wanita World Population Review Forbes 2023

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan tercatat sebagai negara paling berbahaya bagi wanita nomor satu di dunia. Negara ini juga dikenal dengan angka kekerasan seksual yang tinggi dengan persentase lebih dari 40 persen penduduk wanitanya pernah mengalami pelecehan hingga pemerkosaan.

Negara ini juga menempati posisi teratas dalam urutan negara dengan kasus pembunuhan wanita secara sengaja.

Berdasarkan survei, hanya 25 persen wanita Afrika yang merasa aman berjalan sendirian di malam hari. Afrika juga menjadi satu-satunya negara yang mendapat nilai F dalam Women’s Danger Index.

2. Brasil

Negara paling bahaya untuk perempuan nomor dua adalah Brasil, negara ini juga menempati urutan ketiga sebagai negara dengan angka pembunuhan berencana pada wanita tertinggi di dunia.

Hanya 28 persen wanita Brasil yang merasa aman berjalan sendirian di malam hari. Sedangkan angka kekerasan fisik dan seksualnya mencapai 36,9 persen.

3. Rusia

Rusia adalah negara nomor dua dengan tingkat pembunuhan wanita berencana tertinggi di dunia.

Negara ini juga memiliki peraturan yang membatasi peran wanita untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial dan ekonominya. Rusia bukanlah negara yang ideal bagi wanita untuk pergi melancong sendirian.

4. Meksiko

Jika Anda adalah seorang perempuan dan berencana bepergian sendiri ke Meksiko. Karena negara ini masuk dalam urutan ke-4 sebagai negara paling berbahaya bagi wanita versi Forbes.

Persentase wanita yang merasa aman berjalan di malam hari di Meksiko hanya mencapai angka 33 persen. 

Rizal Husen
Penulis