Kesehatan

Apa itu Siwak? Berikut Penjelasan dan Kegunaannya untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

lifestyle.fin.co.id - 07/03/2024, 13:32 WIB

Apa itu Siwak? Berikut penjelasan dan Kegunaannya untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

FIN.CO.ID-  Siwak, atau yang dikenal sebagai miswak atau miswak, merupakan alat kesehatan gigi yang terbuat dari bahan alami, seperti pohon tamarindus indica, pohon manggis, dan pohon kayu manis.

Siwak telah digunakan sejak zaman dulu untuk membantu mengatasi masalah gigi dan mulut. Menggosok gigi dengan siwak dalam islam juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah Salallhu'alaihi wassalam. 

Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Shalat dengan bersiwak itu lebih utama daripada 70 shalat tanpa bersiwak lebih dahulu."

Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim, Rasul bersabda, "Andaikan aku tidak khawatir memberatkan atas umatku, niscaya aku wajibkan atas mereka bersiwak (gosok gigi) pada tiap-tiap shalat."

Penjelasan Siwak

Siwak terbuat dari bagian tengah dari pohon tamarindus indica, yang memiliki bentuk seperti batang. Pohon ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan gigi, seperti kalsium, fluor, dan vitamin C. Siwak terbuat dari bagian tengah dari pohon ini, yang memiliki tekstur keras dan menyerap.

Kegunaan Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Mengendalikan plak: Siwak dapat membantu menghilangkan plak dari gigi dan mulut. Karena tekstur keras dan menyerap, siwak dapat mengendalikan plak yang terbentuk di mulut.

Mengurangi rasa sakit gigi: Siwak dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi yang diakibatkan oleh plak, rasa sakit mulut, dan infeksi gigi.

Mengurangi kemungkinan terkena penyakit gigi: Siwak dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit gigi, seperti karies, periapikitis, dan periodontitis.

Mengatasi masalah mulut: Siwak dapat membantu mengatasi masalah mulut, seperti sakit mulut, rasa sakit mulut, dan masalah mulut lainnya.

Cara Menggunakan Siwak

Pilih siwak yang tepat: Pilih siwak dengan tekstur yang keras dan menyerap, yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan gigi, seperti kalsium, fluor, dan vitamin C.

Mencuci siwak: Sebelum menggunakan siwak, cuci siwak dengan air mengalir untuk menghilangkan bakteri dan plak yang tersisa.

Menggunakan siwak: Gulirkan siwak dalam mulut dan gerakkan siwak dengan gerakan kecil-kecil. Gerakkan siwak dengan cara menggulirkan siwak dari mulut ke mulut, dan kemudian dari mulut ke mulut. Lakukan ini sekitar 3 menit, atau sampai rasa kering mulut.

Mega Oktaviana
Penulis