Kesehatan

7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Berikut Penjelasanya

lifestyle.fin.co.id - 10/03/2024, 10:10 WIB

7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Berikut Penjelasanya

FIN.CO.ID-  Puasa, praktik yang telah diakui secara luas dalam berbagai budaya dan agama, kini semakin diakui karena manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Selain sebagai ibadah spiritual, puasa juga memberikan berbagai manfaat fisiologis yang signifikan bagi tubuh.

Berbagai penelitian ilmiah telah menyoroti potensi positif dari puasa, yang tidak hanya terbatas pada penurunan berat badan, tetapi juga melibatkan perbaikan fungsi tubuh secara keseluruhan.

1. Penurunan Berat Badan yang Sehat

Puasa adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Dengan mengurangi asupan kalori dan memberi waktu bagi tubuh untuk membakar lemak sebagai sumber energi, puasa membantu dalam mengontrol berat badan secara efektif.

BACA JUGA:

2. Perbaikan Metabolisme

Puasa intermiten, terutama, telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Hal ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit metabolik lainnya.

3. Detoksifikasi Tubuh

Dalam keadaan puasa, tubuh memulai proses detoksifikasi alami. Ini terjadi karena tubuh mulai membersihkan diri dari racun dan zat-zat berbahaya yang terakumulasi dari makanan dan lingkungan sehari-hari.

BACA JUGA:

4. Penurunan Risiko Penyakit Jantung

Puasa secara teratur telah terbukti dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol LDL, dan peradangan. Ini menjadikannya sebagai bentuk perlindungan alami terhadap penyakit jantung.

5. Regenerasi Sel dan Perbaikan DNA

Mega Oktaviana
Penulis