Kuliner

Kopi Arabika Toraja dan Kopi Khas Indonesia Menghadirkan Rasa Otentik

lifestyle.fin.co.id - 11/03/2024, 18:21 WIB

Kopi Arabika Toraja.

FIN.CO.ID   - Siapa yang suka minum kopi? Coba kopi khas Indonesia ini. Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur dan biji kopi yang luar biasa.

Kopi asli Indonesia ini bahkan dapat menghasilkan rasa yang sebanding dengan kopi kelas dunia.  Kopi Arabika Toraja adalah salah satu dari banyak jenis kopi khas Indonesia. 
 
Sebab, kopi khas Indonesia ini memiliki rasa yang asli dan setara dengan kopi terbaik di dunia.
 
BACA JUGA:
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa kopi khas Indonesia yang setara dengan kopi kelas dunia.
 
1. Kopi Arabika Kintamani, Bali
 
Kopi arabika Kintamani terkenal di Bali yang tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.  Rasa asam jeruk dan aroma bunga adalah ciri khas kopi arabika Kintamani yang terkenal di Jepang, Eropa dan Arab.
 

2. Kopi Arabika Toraja

BACA JUGA:
Kopi arabika Toraja ini ditanam di Sulawesi dan dikirim ke Jepang dan Amerika.  Pada awalnya kopi arabika Toraja ini memiliki rasa pahit yang khas.
 

3. Kopi Arabika Gayo, Sumatra

Kopi Aceh yang sedikit asam ini disajikan dengan cara yang tradisional dan unik.  Setelah kopi dan air dimasukkan ke dalam panci dan dipanaskan hingga mendidih, masukkan ke dalam gelas dengan susu dan gula.
 
BACA JUGA:

4. Kopi Java Arabika Ijen Raung

Kopi khas Bondowoso ini telah menjadi terkenal di seluruh dunia sejak tahun 2011.  Rasa kopi Java Ijen Raung khas Bondowoso memiliki rasa yang agak pedas dan aroma bunga hutan.

5. Kopi Robusta Temanggung

Kopi robusta Temanggung adalah kopi khas Indonesia dengan cita rasa kelas dunia lainnya.
 
BACA JUGA:
Rasa pahit kental dan asli kopi ini diberikan oleh aroma tembakau yang kuat.  Kopi ini yang berasal dari Temanggung, Jawa Tengah, dapat dikirim ke Eropa, Timur Tengah dan Amerika Latin.

6. Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi arabika ini berasal dari daerah Bajawa di Flores, Nusa Tenggara Timur dan memiliki tingkat keasaman yang rendah.  Rasa kopi arabika Flores Bajawa adalah seperti coklat dan vanilla, dengan rasa manis di ujungnya.
 
BACA JUGA: 
Jenis kopi ini berhasil di pasar global dan dikirim ke Amerika.  Perlu untuk diketahui, beberapa kopi tersebut sudah sangat populer dan memiliki merk dagang di berbagai negara seperti Eropa.
 
Demikianlah ulasan mengenai kopi khas Indonesia yang setara dengan kopi kelas dunia yang memiliki rasa otentik. (*)

Aulia Yesella
Penulis