Kesehatan

Simak! Penderita Diabetes Wajib Perhatikan Hal Ini Saat Puasa Ramadan

lifestyle.fin.co.id - 14/03/2024, 04:47 WIB

Penting pula bagi penderita diabetes untuk memeriksa kadar gula darah secara berkala selama berpuasa. Sumber foto: google

FIN.CO.ID- Bolehkah penderita diabetes berpuasa?  Bila kadar gula darah dalam batas normal dan tidak mengalami komplikasi tertentu, dokter memperkenankan penderita diabetes tipe 2 untuk menjalani puasa.

Namun, ada beberapa hal  yang perlu diperhatikan agar puasa berjalan aman dan tidak menimbulkan komplikasi. Yuk! simak penjelasannya berikut ini.

1. Pastikan Tetap Sahur

Sebelum menjalani puasa, penting bagi penderita diabetes untuk tidak melewatkan makan sahur agar kebutuhan energi tubuhnya bisa tercukupi dengan baik.

Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi menu sahur sehat dengan gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, hingga mineral.

2. Jaga Pola Makan 3 Kali Sehari

Menjaga pola makan bagi penderita diabetes juga perlu diperhatikan. Penderita diabetes tetap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 3 kali sehari, yaitu saat sahur, buka puasa, dan sekitar jam 8 malam, guna menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Selain itu, perhatikan porsi makanan saat sahur dan berbuka agar tak berlebihan.

Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak pada satu waktu berisiko meningkatkan kadar gula darah secara drastis yang berbahaya bagi penderita diabetes.

BACA JUGA:

3. Periksakan Diri ke Dokter

Memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tubuh dalam keadaan sehat dan tidak mengalami komplikasi.

Jika diperlukan, dokter akan menyesuaikan kembali jadwal konsumsi obat dengan perubahan pola makan penderita diabetes selama berpuasa.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat saat sahur dan berbuka. Makanan tinggi serat akan dicerna secara perlahan yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama selama berpuasa.

Eko Nugros
Penulis