Trend

Terungkap! Ini Alasan Mengapa Kucing Tidak Boleh Makan Cokelat

FIN.CO.ID - Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai oleh sejumlah orang.

Namun, ada beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada kucing, salah satunya adalah cokelat.

Ini beberapa alasan mengapa kucing tidak boleh makan cokelat:

Coklat Mengandung Senyawa Toxic

Coklat mengandung senyawa teobromin dan kafein, yang bertindak balas dengan serotonin dan dopamin pada otak kucing. Senyawa ini dikenal sebagai methylxanthines, yang berkontribusi menyebabkan keracunan pada kucing.

Umumnya, kafein dan teobromin dalam coklat sebanding dengan banyaknya kakao. Jadi, coklat yang lebih gelap serta coklat panggang merupakan coklat yang paling berbahaya untuk diberikan kepada kucing, meskipun dalam jumlah yang kecil .

Kucing Tidak Bisa Cerna Coklat

Coklat memiliki tingkat cairan yang tinggi, yang membuatnya sulit untuk dicerna oleh kucing. Jika kucing mengonsumsi coklat, ia akan menyimpan coklat di perut dan mungkin mengalami keracunan

Gejala Keracunan Coklat pada Kucing

Gejala keracunan coklat pada kucing tidak akan terlihat secara langsung, bisa jadi 6-12 jam bahkan sampai 3 hari sesudah makan coklat. Gejala yang mungkin muncul pada kucing yang keracunan coklat antara lain:

  • Hiperaktivitas
  • Tinggi jenis
  • Kekeringan
  • Ketidakseimbangan
  • Kecelakaan
  • Keputusan kematian

BACA JUGA:

Penanganan Kucing Keracunan Coklat

Jika kucing mengonsumsi coklat dan menunjukkan gejala keracunan, segera bawa kucing ke dokter hewan.

Beritahu kepada dokter hewan kapan kucing mengonsumsi coklat. Kantongi informasi nama produk coklat yang tertelan kucing jika perlu bawa bungkusnya.

Perhatikan jumlah coklat yang sudah termakan oleh kucing. Perhatikan juga gejala klinik yang muncul pada kucing. Jika muncul gejala kucing keracunan, sebaiknya jangan memberikan hidrogen untuk membantu kucing muntah

Admin
Penulis