Kesehatan

Camilan Ini Baik Dimakan Sebelum Tidur, Ada Kacang-kacangan dan Susu!

lifestyle.fin.co.id - 26/04/2024, 19:00 WIB

FIN.CO.ID - Makan sebelum tidur sering kali menjadi kebiasaan yang diperdebatkan. Beberapa orang percaya bahwa makan sebelum tidur dapat mengganggu tidur dan pencernaan, sementara yang lain merasa camilan malam dapat memberikan rasa kenyang dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Kebanyakan ahli sepakat bahwa makan sebelum tidur sebaiknya dihindari, terutama makanan berat atau berlemak. Karena bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan dan gangguan tidur. 

Namun, camilan ringan seperti buah-buahan, yogurt, atau kacang-kacangan bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda benar-benar merasa lapar sebelum tidur.

Selain itu, pola makan sebelum tidur juga bisa memengaruhi berat badan. Makan terlalu banyak kalori sebelum tidur dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan karena tubuh cenderung kurang aktif saat tidur dan lebih lambat membakar kalori. 

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan tinggi kalori atau gula sebelum tidur, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan kontrol berat badan.

Namun, ada beberapa pengecualian. 

Orang yang memiliki kadar gula darah rendah atau yang menjalani program latihan intens mungkin memerlukan asupan karbohidrat atau protein sebelum tidur untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mempercepat pemulihan otot. 

Berikut Makanan dan minuman yang bisa kalian konsumsi sebelum tidur

1. Susu

Konsumsi susu sebelum tidur dapat memberikan manfaat yang baik bagi siklus tidur Anda karena kandungan hormon yang dapat mengatur pola tidur. 

2. Kacang-kacangan

Dapat menjadi pilihan yang baik karena mengandung melatonin, mineral penting seperti magnesium dan seng yang membantu dalam mengatasi masalah tidur seperti insomnia. 

3. Buah dan sayuran dengan warna merah atau oranye 

Buah dan sayuran berwarna merah dan orange kaya akan lycopene, senyawa yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Dengan memasukkan makanan dan minuman ini ke dalam menu sebelum tidur, Anda dapat membantu tubuh Anda untuk lebih mudah bersantai dan tidur nyenyak.

Aulia Yesella
Penulis