Wisata

Kabar Gembira, Kini Kereta Lodaya Menggunakan Gerbong Stainless Steel New Generation

lifestyle.fin.co.id - 03/05/2024, 20:50 WIB

Gerbong kereta Stainless Steel New Generation

FIN.CO.ID - Kini operasional Kereta Lodaya relasi Bandung – Solo Balapan PP, menggunakan gerbong Kereta Eksekutif dan Ekonomi Stainless Steel New Generation.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung menggunakan rangkaian tersebut sejak Kamis 2 Mei 2024, untuk kereta (92) Lodaya relasi Bandung – Solo Balapan.

Kereta New Generation, merupakan bagian pengadaan sebanyak 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 sanpai 2026 dari PT INKA (Persero).

Peningkatan Kenyamanannya Kereta Lodaya

Executive Vice President Daerah Operasi 2 Bandung, Takdir Santoso mengantakan, penggunaan rangkaian Stainless Steel New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan.

“Upgrade kenyamanan kereta yang KAI lakukan ini merupakan upaya perseroan untuk terus memanjakan pelanggan saat melakukan perjalanan menggunakan kereta api," kata Takdir Santoso, saat dikutip Jumat 3 Mei 2024.

Sebelum digunakan kereta Lodaya, rangkaian executive Stainless Steel New Generation telah digunakan oleh Argo Dwipangga, Argo Lawu, Taksaka dan Argo Bromo Anggrek.

Sedangkan untuk rangkaian pelayanan ekonomi, gerbong Stainless Steel New Generation sebelumnya telah digunakan oleh kereta Majapahit.

BACA JUGA:

Kemewahan Stainless Steel New Generation

Keunggulan rangkaian gerbong Stainless Steel New Generation, terletak pada pintu masuk dan pintu penghubung antar gerbong yang sudah menggunakan elektrik otomatis.

Penumpang dapat lebih mudah membuka ataupun menutup pintu antar gerbong, tanpa mengeluarkan banyak energi serta suara yang kini lebih senyap.

“Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia di masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan," ungkap Takdir Santoso.

Jendela gerbong Stainless Steel New Generation telah menggunakan tempered double glass, sehingga mengurangi suara bising dan masuknya panas yang berlebih.

“Keunggulan lain pada Kereta Stainless Steel New Generation yaitu pada toilet dimana tersedia keran di bagian bawah untuk membasuh kaki saat wudu," ucapnya.

Tuahta Aldo
Penulis