Kuliner

Cara Mengolah Daging Sapi Agar Lembut dan Empuk Ala Koki Terkenal

lifestyle.fin.co.id - 14/06/2024, 19:53 WIB

Simak Bun! Mengapa Daging Kurban Tidak Bisa Dihangatkan Berkali-kali? Berikut Dampak dan Penjelasannya

fin.co.id - Berikut ini informasi terkait cara mengolah daging sapi agar lembut dan empuk ala koki terkenal Devina Hermawan.

Devina Hermawan merupakan seorang koki selebritas alumni kompetisi memasak Master Chef Indonesia.

Devina membagikan bagaimana cara mengolah daging sapi agar lebih empuk dan lembut.

Tips memasak daging sapi agar empuk dari Devina ini bisa menjadi inspirasi Anda mengolah daging sapi saat perayaan Idul Adha nanti.

Baca Juga

Devina mengatakan, ada beberapa cara untuk mengolah daging yang memiliki serat kasar, salah satunya yaitu dengan velveting.

"Mengolah daging yang berserat kasar kita bisa marinasi dengan (teknik) velveting atau taburkan tepung dan putih telur, itu gaya Chinese style," ujarnya di Jakarta, Jumat, 14 Juni 2024.

"Kedua dipresto dalam waktu yang lama itu sebenarnya sesuatu yang kita sudah sering lakukan," sambungnya.

Daging dengan potongan brisket atau sandung lamur, lanjut dia, dapat dijadikan pilihan. Sebab, daging tersebut cenderung memiliki kandungan yang berimbang antara lemak dan serat daging sehingga menjadikan daging ini lebih lembut.

Devina menuturkan, selain dengan metode memasak yang tepat, ada yang perlu diperhatikan dalam memilih daging.

Baca Juga

Anda harus memperhatikan karakteristik dan perbedaan bagian potongan yang menentukan lembut tidaknya suatu daging.

"Misalnya prime cut atau has dalam seperti tenderloin, sirloin atau rib eye adalah salah satu potongan daging yang lembut, karena bukan bagian tubuh sapi aktif dan tidak memiliki otot keras," kata dia.

Sementara itu, lanjut Devina, untuk bagian paha pada sapi memang cenderung sedikit keras karena merupakan bagian yang aktif.

Faktor lain yang menentukan kelembutan daging sapi yaitu apakah daging tersebut lokal atau impor.

"Kalau prime cut bisa dimasak sebentar, contoh has dalam kita oseng masih bisa dimasak jadi empuk, kalau daging lokal misal sandung lamur dan lain-lain memang triknya harus dimasak lama atau dipotong sangat tipis," ujarnya.

Berikutnya adalah tips jika Anda memasak daging sapi dengan menggunakan presto. "Begitu daging dalam fase vakum, diamkan selama 45 menit sampai satu jam," kata Devina.

Sahroni
Penulis