Kuliner

Mencicipi Mie Ongklok Khas Wonosobo, Kuliner Wajib Ketika ke Negeri di Atas Awan

lifestyle.fin.co.id - 01/07/2024, 10:11 WIB

Mie Ongklok khas Wonosobo Jawa Tengah (Tuahta Aldo / fin.co.id)

fin.co.id - Di balik suasana dingin malam Wonosobo, menyimpan sebuah kuliner khas asal kota dengan julukan Negeri di Atas Awan tersebut.

Mie Ongklok menjadi ikon kuliner Wonosobo yang sangat cocok dinikmati pada malam hari, karena bisa menghangatkan diri di tengah udara dingin Dataran Tinggi Dieng.

Dimasak Menggunakan Alat Bernama Ongklok 

Bukan sekedar mie biasa, kuliner khas Wonosobo, Jawa Tengah ini direbus dengang cara dicelup ke dalam air panas menggunakan alat bernama ongklok.

Baca Juga

Alat ongklok ini menyerupai keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu, yang difungsikan untuk merebus mie dengan sentuhan tradisional.

Mie yang sudah direbus, akan dicelupkan secara berulang ulang ke dalam air mendidih sehingga menciptakan sensasi unik pada tekstur mie.

Cara perebusan itu, menghasilkan tekstur mie kuning besar yang kenyal dan lezat, dan tentunya sangat pas karena cuaca di Wonosobo sangat dingin.

Proses yang berulang itulah yang disebut dengan “diongklok”, sehingga menjadi ciri khas dari cara memasak Mie Ongklok khas Wonosobo.

Disajikan Dengan Kuah Kental dan Sate Sapi

Baca Juga

Mie Ongklok disajikan dalam sebuah mangkuk, dengan disiram kuah kental gurih berbahan dasar tepung kanji atau yang disebut juga loh. 

Kuah mie ongklok ini kaya akan rasa dan aroma rempah rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, ebi, garam, dan gula jawa.

Kelezatan Mie Ongklok tentunya semakin lengkap dengan isian cacahan kol, daun bawang, serta sate sapi yang disajikan dalam mangkuk.

Tidak lupa tempe komul atau geblek (makanan singkong), yang menjadi salah satu pelengkap penyempurna untuk menambah cita rasa.

Jadi buat kamu yang lagi liburan ke Wonosobo, tidak hanya menikmati keindahan alam yang memuka, tetapi juga harus mencicipi kuliner khas Mie Ongklok.

Tuahta Aldo
Penulis