fin.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, meresmikan rangkaian Kereta Batavia yang melayani relasi Stasiun Gambir - Solo Balapan.
Peresmian Kereta Api Batavia dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan perjalanan penumpang, serta memenuhi kebutuhan masyarakat.
Rangkaian kereta "Batavia" tersebut diambil dari nama lama Jakarta pada masa Hindia Belanda, yang merupakan penamaan ulang kereta api Manahan Tambahan.
Executive Vice President (EVP) Daop 1 Jakarta, Yuskal Setiawan mengungkapkan, peluncuran KA Batavia ini merupakan bagian pemberlakuan Gapeka 2025.
"Komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menghadirnya KA baru yang diberi nama KA Batavia, hadirnya KA ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan perjalanan antara Jakarta dan Solo," keterangan Yuskal Setiawan yang fin.co.id terima.
Menurutnya, KAI memperkenalkan sejumlah kereta api untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah dan memberikan lebih banyak pilihan perjalanan bagi masyarakat.
Jadwal Keberangkatan Kereta Batavia
Baca Juga
Berdasarkan data yang fin.co.id dapat, keberangkatan Kereta Batavia dari Stasiun Gambir pukul 09.35 wib dan tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 18.00 WIB.
Kereta Batavia membawa rangkaian gerbong dengan dua kelas yaitu kelas Ekonomi dan Kelas Eksekutif, dengan total 488 tempat duduk.
Rangkaian tersebut terbagi 200 tempat duduk pada kelas Eksekutif 4 gerbong, serta 288 tempat duduk yang terbagi dalam 4 Kereta.
Keberangkatan Kereta Batavia dari Stasiun Gambir berhenti di 11 Stasiun, yakni Bekasi, Karawang, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kebumen, kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, dan Stasiun akhir Solo Balapan.
Harga Tiket Kereta Batavia
Harga tiket Kereta Batavia kelas Ekonomi mulai Rp350 Ribu, sedangkan untuk kelas Eksekutif mulai harga Rp530 Ribu, berlaku Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah.
Guna melihat minat masyarakat dalam menggunakan Kereta Batavia, KAI Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu.
“Dengan adanya KA Batavia ini, beragam pilihan sarana pada Kereta Api, KAI memastikan pengalaman perjalanan yang lebih variatif, nyaman, dan sesuai kebutuhan penumpang. Kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan kereta api baru ini dengan segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra penjualan tiket resmi. Selain lebih praktis, pembelian tiket melalui aplikasi juga mendukung upaya digitalisasi layanan KAI,” ucap Yuskal Setiawan.