fin.co.id - BlueBand, merek dagang dari Flora Food Group, meluncurkan program pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang komprehensif, "BlueBand Professional UMKM Star #AhlinyaRasaSukses," bersamaan dengan peluncuran BlueBand Master Cake Margarine 500g, yang dirancang untuk memberikan solusi berkualitas dan ekonomis bagi UMKM Kuliner.
UMKM merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam menggerakkan perekonomian nasional. Meski begitu, berbagai tantangan kerap kali masih dihadapi oleh para pelaku UMKM, mulai dari tahap produksi, pemasaran, hingga permodalan.
Marketing Director PT. Flora Food Indonesia Ade Savitri mengatakan, BlueBand Professional UMKM Star #AhlinyaRasaSukses mencerminkan komitmen strategis BlueBand untuk memberdayakan UMKM kuliner di Indonesia. Program ini menggabungkan kompetisi digital, master class yang dipandu oleh para ahli, dan dukungan bisnis praktis di Jakarta, Bandung, dan Surabaya mulai Februari hingga Juni 2025.
"Inisiatif ini menunjukkan dedikasi BlueBand yang berkelanjutan untuk mendukung UMKM kuliner Indonesia," ucap Ade dalam keterangannya, Rabu 19 Februari 2025.
"Dengan menggabungkan BlueBand Master Cake Margarine kemasan ekonomis dan program pengembangan bisnis yang komprehensif, kami membantu para pengusaha kuliner menghadapi tantangan pasar sekaligus mempertahankan daya saing mereka," sambungnya.
Menteri UMKM RI Maman Abdurrahman mendukung program ini. Dia mengatakan, ini merupakan kontribusi positif untuk mendorong UMKM naik kelas.
“Program yang dihadirkan oleh BlueBand ini merupakan salah satu contoh kontribusi positif dalam upaya mendorong UMKM Kuliner untuk naik kelas, lebih berkembang, dan mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian negara di masa mendatang,” kata Maman Abdurrahman.
Baca Juga
Marketing Manager BlueBand Professional Renta Situmeang mengatakan, peluncuran BlueBand Master Cake Margarine 500g merupakan bentuk komitmennya untuk menyediakan bahan berkualitas. Tidak hanya itu, kata dia, tapi juga terjangkau.
"Komitmen kami untuk menyediakan bahan-bahan berkualitas tinggi yang terjangkau bagi UMKM kuliner, yang menghasilkan hidangan yang berkelas dan profesional, serta membantu bisnis mengoptimalkan biaya operasional mereka. Kami berharap inovasi produk dan program pengembangan komprehensif kami berdampak positif pada kemajuan sektor kuliner di Indonesia,” terangnya.
Business Incubation & Stakeholder Management Department BNI, Tika Larasati mengatakan, pentingnya permodalan bagi UMKM Kuliner, BlueBand bermitra dengan Bank Negara Indonesia (BNI). Karena, kata dia, permodalan menjadi salah satu tantangan bagi UMKM.
“Memahami bahwa modal masih menjadi tantangan UMKM untuk berkembang, kami harap dengan kolaborasi pada program BlueBand untuk UMKM Kuliner kali ini, kami bisa berkontribusi dan memberikan berbagai opsi bagi UMKM agar dapat lebih termotivasi untuk semakin naik kelas,” kata Laras.
Sorotan Program:
Kompetisi Digital (Februari-Maret 2025): Berfokus pada pemanfaatan teknologi digital untuk perluasan pasar. UMKM dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan mengunggah kreasi kuliner mereka menggunakan produk BlueBand dan menyertakan tagar #UMKMStar #AhlinyaRasaSukses. Dapatkan kesempatan memenangkan hadiah berupa dukungan pendanaan usaha, pelatihan kuliner, dan publikasi usaha.
Seri MasterClass Professional (April-Juni 2025): Bekerja sama dengan pakar industri termasuk Stefanie Kurniadi (Foodizz Academy), Chef Rahmat Kusnedi (Indonesia Pastry Alliance), dan spesialis perbankan.
Kemitraan Strategis dengan Bank Negara Indonesia (BNI) untuk solusi akses permodalan bagi UMKM Kuliner.