Recall Toyota Agya dan Raize, Bawa Mobil anda Ke Bengkel Resmi Untuk Perbaikan Gratis

lifestyle.fin.co.id - 09/03/2025, 21:52 WIB

Recall Toyota Agya dan Raize, Bawa Mobil anda Ke Bengkel Resmi Untuk Perbaikan Gratis

Foto ilustrasi Toyota Agya (Dokumen Istimewa)

fin.co.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru-baru ini mengumumkan adanya program recall atau Special Service Campaign (SSC), untuk Toyota Agya dan Toyota Raize

Recall ini terkait dengan pemeriksaan dan perbaikan sistem Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan komponen brake booster.

Program recall ini langkah nyata Toyota untuk menjaga keselamatan konsumen, sekaligus memastikan setiap kendaraan yang dijual terus memenuhi standar kualitas tertinggi. 

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengungkapkan, Toyota berkomitmen untuk melakukan perbaikan berkelanjutan guna meningkatkan keamanan penggunanya.

"Dengan semangat continuous improvement, kami terus melakukan riset produk yang telah dipasarkan untuk menemukan kemungkinan masalah dan segera melakukan langkah perbaikan," ungkap Henry Tanoto dalam keterangan resminya.

Recall  ini berlaku untuk model Toyota Raize yang diproduksi antara 8 Juni 2021 hingga 16 Juli 2024, serta Toyota Agya yang diproduksi antara 22 Juli 2022 hingga 29 Juli 2024. 

Pihaknya menjelaskan, terdapat potensi malfungsi pada ECU kendaraan yang bisa memengaruhi kinerja brake booster dalam kondisi tertentu. 

Akibatnya, kemampuan rem bisa berkurang, membuat jarak berhenti kendaraan semakin panjang dan mengharuskan pengemudi untuk menekan pedal rem lebih keras.

Proses dan Solusi yang Ditawarkan

Untuk mengatasi hal ini, Toyota akan melakukan reprogramming ECU yang akan dikerjakan oleh teknisi bersertifikat di bengkel resmi. 

Proses ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam, serta tanpa biaya sama sekali bagi konsumen, sehingga hanya perlu membawa mobilnya ke bengkel resmi.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, menghimbau agar para pemilik kendaraan yang terkena dampak recall segera memeriksakan mobil mereka ke bengkel resmi Toyota. 

"Kami akan melakukan pemeriksaan Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kerja brake booster dan update software untuk memperbaiki kinerjanya," kata Anton Jimmi Suwandy.

Toyota juga menyarankan agar konsumen melakukan booking service terlebih dahulu, untuk mempermudah proses pelayanan dan menghindari penumpukan antrean.

Advertisement

"Pelanggan bisa menghubungi jaringan diler resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau via Toyota Customer Care di nomor telepon 1-500-315," ucapnya.

Tuahta Aldo
Penulis
-->