Tips Belajar Bahasa Inggris yang Cepat dan Mudah

Tips Belajar Bahasa Inggris yang Cepat dan Mudah

Yuk! Belajar bahasa Inggris.--

FIN.CO.ID – Kamu bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang cepat dan mudah? Jangan khawatir, cek tips belajar bahasa Inggris untuk pemula yang mudah dan bikin cepat paham?

1. Dengarkan lagu bahasa Inggris dan tulis liriknya

Jika Anda pecinta musik, belajar sembari mendengarkan musik tentu sangat menyenangkan. Tapi, pada tahap ini tidak hanya mendengarkan lagunya saja. Coba simak baik-baik liriknya dan catat dalam notes atau mungkin ponsel Anda. Jika lirik sudah selesai ditulis, cek lirik itu di Internet, benar semua atau ada yang salah. Cara belajar bahasa Inggris ini bisa menambah kemampuan listening Anda.

2. Pelajari kata dasar bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris yang cepat, dengan pelajari dulu berbagai kata sederhana dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, serta kata lain yang umum digunakan pada percakapan sehari-hari.

BACA JUGA: Bagaimana Teknologi Augmented Reality Mengubah Cara Belajar?

BACA JUGA: Hyper Class, Format Kelas Masa Depan Belajar Bahasa Inggris

 

3. Rutin baca kamus bahasa Inggris

Selain itu, cara belajar bahasa Inggris bisa dengan membaca kamus bahasa Inggris. Cara belajar bahasa Inggris ini berguna untuk menambah kosa kata Anda.

4. Latihan lewat internet

Cara belajar bahasa Inggris yang cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas internet yang tentu saat ini sudah banyak dimiliki tiap orang. Di internet sangat banyak sekali situs yang bisa membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat dan benar.

5. Tonton film dengan bahasa Inggris

Selain musik, cara belajar bahasa Inggris bisa dengan nonton film. Bisa dengan mulai nonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia. Apabila masih kesulitan, coba gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Apabila menemukan kata yang susah, coba catat dan cari artinya agar kosa kata bahasa Inggris Anda semakin banyak.

6. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang sulit dimengerti

Jika selama mendengarkan musik dan menonton film Anda menemukan kata-kata asing yang tidak dimengerti, Ingat, jangan hanya dilewati saja. Catat, pelajari, lalu hafalkan apa sebenarnya arti dan maknanya.

7. Tulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris bisa dilakukan jika dirasa vocabulary (kosa kata) Anda sudah banyak. Pertama-tama, coba tulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris supaya kemampuan writing Anda makin meningkat.

8. Baca literatur bahasa Inggris

Jangan lupa untuk membaca beragam literatur apapun yang berbahasa Inggris. Cara belajar ini bisa meningkatkan kemampuan membaca (reading) Anda.

9. Coba berbicara bahasa Inggris pada cermin

Sebelum Anda mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya Anda mencoba cara belajar bahasa Inggris di depan cermin supaya lebih fasih dan tidak grogi.

10. Manfaatkan mesin penerjemah

Mungkin mesin penerjemah bahasa Inggris seperti Google Translate sudah tidak asing bagi Anda. Nah, coba manfaatkan fitur terjemahan dengan audio yang disediakan. Cara ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam mengucapkan kata bahasa Inggris dengan benar.

11. Ngobrol dengan orang yang pintar bahasa Inggris

Jika lingkungan sekitar Anda ada seseorang yang fasih berbahasa Inggris, coba kenalan dan ajak untuk berbicara bahasa Inggris. Ini tentu akan sangat membantu kemampuan speaking Anda.

12. Berteman dengan orang luar negeri

Mengingat saat ini arus globalisasi tak terbendung lagi, serta perkembangan teknologi sudah sangat pesat, maka Anda bisa dengan mudah berteman dengan orang asing. Banyak sekali platform media sosial yang bisa digunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tapi yang perlu diingat, pastikan orang itu fasih atau memang orang dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

13. Kursus

Jika masih tidak ada perkembangan dari cara belajar bahasa Inggris di atas, tidak usah sungkan untuk kursus. Banyak lembaga kursus yang menawarkan fasilitas menarIk, salah satunya dengan tentor atau guru asli dari luar negeri.

14. Terus berlatih

Penghambat terbesar adalah rasa malas dan malu. Tidak perlu malu jika memang melakukan kesalahan ketika mengucapkan bahasa Inggris. Terus berlatih. Tetap semangat dan semoga berhasil, ya. (*)

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.