Gagal Tampil Glowing Akibat Skin Barrier Rusak, Ketahui Ciri Cirinya

Gagal Tampil Glowing Akibat Skin Barrier Rusak, Ketahui Ciri Cirinya

Foto: Ilustrasi Freepik.com--

FIN.CO.ID - Akhir-akhir ini, banyak ahli kencantikan yang memperhatikan skin barrier untuk memberikan efek kulit agar terlihat glowing dan menawan. Namun, apa yang dapat terjadi kita skin barrier kita rusak, dan apa saja ciri-cirinya? 

Pada dasarnya, kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan. Dilansir dari jurnal yang diliris oleh National Library of Medicine, lapisan tersebut adalah lapisan luar (epidermis), lapisan kulit pada bagian dalam (dermis), serta lapisan di bawah dermis (hipodermis).

Skin barrier sendiri terletak di bagian epidermis, yakni lapisan terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit dari polusi, sinar ultraviolet, infeksi, dehidrasi, hingga zat kimia beracun.


Tips merawat kecantikan kulit wajah--Foto : Freepik.com

Sebagai pelindung alami kulit, jika skin barrier rusak, maka kulit akan lebih rentan terhadap faktor eksternal dan menimbulkan masalah.

Berikut ciri-ciri skin barrier rusak berdasarkan situs Byrdie dan Healthline:

  1. Kulit gatal-gatal
  2. Kulit kering dan bersisik
  3. Kulit kemerahan
  4. Kulit kasar
  5. Kulit terlihat kusam
  6. Iritasi kulit 
  7. Warna kulit tidak merata
  8. Muncul bintik-bintik atau flek hitam
  9. Mudah berjerawat dan susah sembuh
  10. Kulit jadi sensitif dan mudah meradang
  11. Kulit jadi rentan mengalami infeksi
  12. Terasa perih saat diaplikasikan skincare

Lalu, apa yang bisa dilakukan jika skin barrier kita rusak, agar tetap tampil glowing? Simak tips di bawah!

1. Terapkan Skinminimalism

Menggunakan banyak skincare dengan kandungan aktif dapat mengganggu skin barrier, ada baiknya untuk menggunakan skincare dasar sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

2. Jaga Kelembaban Kulit

Memakai pelembab kulit adalah kunci utama saat skin barrier rusak. Pastikan skincare yang kamu pilih memberikan kelembaban pada kulit agar dapat membantu kulitmu tetap terhidrasi.

3. Lindungi Kulit dari Paparan Matahari

Menggunakan tabir surya di siang hari adalah hal yang perlu kamu lakukan, baik saat beraktivitas di luar atau di dalam ruangan. Jangan lupa untuk re-apply tabir surya setiap 2 hingga 3 jam agar kulit tetap terlindungi dari paparan matahari.

Demikian pembahasan ciri-ciri skin barrier yang rusak dan bagaimana langkah awal mengatasinya. Jika skin barrier kita sudah kuat, kulit yang selalu tampak glowing dan menawan dapat kita dapatkan dengan lebih mudah.

Selain itu, kita juga tetap perlu menerapkan pola hidup yang sehat, seperti tidur yang cukup, makan makanan bergizi tinggi, minum banyak air putih, kelola stres dengan baik, serta hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan meminum minuman beralkohol secara belebihan.

Giska Cyrilla

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.