Trend

Berikan Saya Amplop Merah! Angpao Na Lai Imlek: Arti, Makna dan Asal Usulnya

lifestyle.fin.co.id - 06/02/2024, 14:40 WIB

Berikan Saya Amplop Merah, Angpao Na Lai Imlek, Arti, Makna dan Asal Usulnya.

FIN.CO.ID -  Dalam bahasa Hokkien, Angpao Na Lai berasal dari bahasa Mandarin, Hong Bao Na Lai. Secara harfiah, Hong Bao Na Lai atau Angpao Na Lai yaitu 'berikan saya amplop merah'. Apa arti, makna dan asal usul Angpao Na Lai di perayaan Imlek?

Ada beberapa versi Angpao Na Lai yang beredar di masyarakat Tionghoa. Pertama disebutkan tradisi ini berasal dari zaman Dinasti Han.

Saat itu, orang tua memberikan uang kepada anak-anak mereka sebagai hadiah pada saat perayaan Imlek.

Yang kedua mengatakan tradisi ini berasal dari zaman Dinasti Song. Kala itu, para pejabat pemerintah memberikan uang kepada rakyat jelata pada saat perayaan Imlek sebagai bentuk kemurahan hati.

Makna Angpao Na Lai

Angpao Na Lai artinya berikan saya amplop merah. Namun, Angpao Na Lai ini memiliki makna yang lebih dalam, yaitu:

  1. Harapan akan Keberuntungan  Warna merah Angpao melambangkan keberuntungan dan energi positif. Uang baru yang ada dalam Angpao melambangkan awal yang baru dan kemakmuran. Menerima angpao dianggap membawa hoki dan berkah di Tahun Baru Imlek.
  2. Tradisi Berbagi dan Kebahagiaan Memberikan Angpao merupakan cara berbagi rezeki dan kebahagiaan di hari raya Menandakan kepedulian dan harapan baik kepada penerima khususnya anak-anak dan orang yang belum menikah. Menerima angpao merupakan bentuk penghormatan kepada yang lebih tua dan tanda penerimaan berkah.

  3. Menyambung Silaturahmi dan Kebersamaan Membagikan angpao menjadi aktivitas kebersamaan keluarga dan kerabatMenciptakan suasana hangat dan menyenangkan saat berkumpulMempererat tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan
  4. Menghargai Tradisi dan Budaya Angpao Na Lai merupakan tradisi turun-temurun yang dihormati dalam budaya Tionghoa. Meneruskan tradisi berarti melestarikan warisan budaya dan nilai-nilai positifnya. Termasuk memperkuat identitas budaya dan rasa kebersamaan antar generasi.

BACA JUGA:

Angpao, Image: Ida20150101 / Pixabay--

Mengapa Angpao Harus Genap

Angpao harus genap. Bukan ganjil. Dalam tradisi Tionghoa, angka genap melambangkan keberuntungan, keseimbangan, dan keharmonisan. 

Sedangkan angka ganjil kerap dikaitkan dengan kesedihan dan ketidakberuntungan. Karena itu, Angpao harus genap.

Berdasarakan Numerologi Tionghoa: Angka genap seperti 2, 6, dan 8, dianggap membawa keberuntungan. Khusus angka 8 sebagai angka paling beruntung. Karena pengucapannya dalam bahasa Mandarin (ba) mirip dengan kata kekayaan.

Selain itu, angka genap juga melambangkan pasangan. Seperti Yin dan Yang, yang mewakili keseimbangan dan keharmonisan.

Untuk jumlah uang yang genap lebih mudah dibagi dua. Sehingga cocok untuk dibagikan kepada dua orang atau lebih.

BACA JUGA:

Siapa yang Harus Diberi Angpao

  • Anak-anak kecil 
  • Orang dewasa yang belum menikah (termasuk remaja dan pemuda)
  • Orang tua dan lansia sebagai bentuk penghormatan dan rasa terima kasih serta kasih sayang 
  • Atasan kepada bawahan 
  • Teman dekat atau tetangga sebagai tanda persahabatan dan rasa kekeluargaan.

Gong Xi Fa Cai Ang Pao Na Lai

Pada Sabtu, 10 Februari 2024 mendatang, masyarakat Tionghoa merayakan tahun baru Imlek 2575 kongzili. Selain ucapan Gong Xi Fa Cai, tradisi lain yang ditunggu adalah Angpao Na Lai. Tahu gak artinya apa?

Rizal Husen
Penulis