Kisah Singkat Isra Miraj, Perjalanan Rasulullah ke Langit Ketujuh hingga Bertemu Nabi-Nabi Sebelumnya dan Allah SWT

Kisah Singkat Isra Miraj, Perjalanan Rasulullah ke Langit Ketujuh hingga Bertemu Nabi-Nabi Sebelumnya dan Allah SWT

Sejarah Isra mi'raj-Sumber : pinterest-

FIN.CO.ID - Tepat pada Kamis, 8 Februari 2024, umat Islam akan memperingati momen penting dalam sejarah kenabian Rasulullah Muhammad SAW, yaitu Isra Miraj.   

Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa spiritual dalam Islam di mana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan malam dari Masjidil Haram ke Masjid al-Aqsa di Yerusalem (Isra), dan dilanjutkan ke langit ketujuh (Miraj) untuk bertemu dengan Allah SWT.

Dalam pertemuannya dengan Allah SWT, Rasulullah Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk menjalankan salat sebanyak 50 kali dalam sehari.

Namun, menyadari kesulitan umatnya, beliau memohon keringanan kepada Allah SWT hingga hanya wajib menjalankan perintah salat lima waktu dalam sehari semalam.

Pertemuan Nabi Muhamad SAW dengan Nabi Terdahulu

Dalam cerita singkat tentang Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan beberapa nabi terdahulu di setiap langit yang beliau lewati. Di langit pertama, beliau berjumpa dengan Nabi Adam AS.

Selanjutnya, di langit kedua, Nabi Isa AS dan Nabi Yahya AS menyambutnya. Perjalanan beliau dilanjutkan ke langit ketiga, di mana beliau bertemu dengan Nabi Yusuf AS.

Setelah berjumpa dengan Nabi Yusuf AS, Nabi Muhammad kembali melanjutkan perjalanan ke langit keempat dan bertemu dengan Nabi Idris. Di langit kelima, beliau bertemu dengan Nabi Harun.

BACA JUGA:

Namun, suasana berubah ketika beliau bertemu dengan Nabi Musa AS di langit keenam. Nabi Musa terlihat sedih dan menangis ketika Nabi Muhammad hendak melanjutkan perjalanan ke langit ketujuh.

Nabi Musa merasa sedih karena melihat Nabi Muhammad yang jauh lebih muda memiliki jumlah umat yang lebih besar masuk surga dibandingkan dengan umatnya sendiri. Dia menyesal karena tidak bisa memanfaatkan usianya yang lebih panjang untuk mengajak umatnya lebih patuh kepada Allah SWT.

Kisah Isra Miraj ini memberikan teladan bagi umat Muslim tentang pentingnya dakwah dan ketaatan kepada Allah SWT. Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW memberikan inspirasi dan pelajaran bagi umat Islam, menunjukkan pentingnya kesabaran, keteguhan, dan pengabdian dalam menjalankan ajaran agama.

Demikianlah kisah singkat Isra Miraj yang memberikan inspirasi dan teladan bagi umat Muslim. Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW menjadi sumber inspirasi bagi umat Islam, mengajarkan pentingnya kesabaran, keteguhan, dan ketaatan kepada Allah SWT dalam menjalani kehidupan dan menghadapi cobaan.

Isra Miraj mengingatkan umat Muslim akan kebesaran Allah SWT dan kedudukan istimewa Nabi Muhammad SAW sebagai utusan terakhir yang membawa petunjuk bagi umat manusia.

 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.