Intip Kemeriahan Perayaan Imlek 2024 di Vihara Darma Bakti

Intip Kemeriahan Perayaan Imlek 2024 di Vihara Darma Bakti

Intip Kemeriahan Perayaan Imlek 2024 di Vihara Darma Bakti-Bianca Chairunnisa-Diswa Grup/FIN

FIN.CO.ID- Suasana perayaan Imlek di Kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, terasa sangat kental. Sejumlah pedagang juga turut meramaikan ruas Jalan Pancoran dengan beramai-ramai menjual berbagai aneka ragam kebutuhan Imlek seperti amplop, hio, hiasan dinding, dan lampion.

Selain menikmati Kawasan Pecinan Glodok yang meriah, sejumlah warga yang merayakan Imlek juga turut mendatangi Vihara Dharma Bakti. Mengenakan pakaian serba merah, kebanyakan warga datang bersama keluarga mereka ke klenteng tertua di Jakarta tersebut.

Memasuki pelataran Vihara Dharma Bakti, lilin-lilin merah yang diletakkan di kedua sisi pintu masuk terus menyala dengan terang. Menurut Awai, salah satu warga yang turut menghadiri Vihara Dharma Bakti, lilin-lilin merah ini merupakan simbol penerangan kehidupan.

BACA JUGA:

“Lilin itu simbol penerang, jadi gak gelap sekali hidupnya.” Ujar Awai, Santu 10 Februari 2024.

Selain itu, warga yang hadir untuk beribadah juga turut melakukan tradisi pembakaran kertas sembahyang Kim Cua dan Gin Cua. Pembakaran kertas sembahyang Kim Cua dan Gin Cua dilakukan sebagai ucapan terima kasih kepada para dewa.

Menurut Awai juga, doa yang dipanjatkan pun bisa beragam tergantung masing-masing orangnya.

“Ya bisa berupa ungkapan terima kasih, bisa Kesehatan untuk keluarga.” Ujarnya.

BACA JUGA:

Pemberian Angpau

Hari Raya Imlek tidaklah lengkap tanpa adanya angpau. Sejumlah warga yang terdiri dari anak-anak berkerumun tepat di depan Vihara Dharma Bakti untuk menunggu pemberian angpau.

Pembagian angpau pun berlangsung dengan riuh. Anak-anak yang sudah menunggu sejak lama dengan segera berkerumun dengan wajah sumringah untuk menerima angpau yang dibagikan kepada mereka.

Di sisi lain, beragam atraksi menarik yang menghiasi Kawasan Pecinan Glodok juga turut merayakan kemeriahan hari raya Imlek 2024. Berbagai macam atraksi seperti topeng monyet dan lantunan lagu-lagu China yang disenandungan oleh pengamen jalanan berhasil menghibur warga yang datang untuk merayakan Imlek.

Afdal Namakule

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber: disway grup

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.