5 Manfaat Peppermint Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

5 Manfaat Peppermint Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

5 Manfaat Pappermint Oil , untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Anda dapat merasakan banyak manfaat dengan menggunakan peppermint oil sebagai perawatan kecantikan sehari-hari.

Berikut manfaat peppermint oil untuk kulit dan rambut.

1. Meredakan Kulit Iritasi

Dengan sifat menenangkannya, peppermint oil dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit. Kandungan antiseptik dan antibakterinya membuat peppermint oil direkomendasikan bagi mereka yang mengalami iritasi kulit. Namun, disarankan untuk tidak mengoleskan peppermint oil secara langsung pada area yang teriritasi.

Anda dapat mencampurkan 40 ml air dengan 40 ml cuka apel dan 30 tetes peppermint oil dalam sebuah mangkuk. Aduk rata sebelum menuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.

Simpan botol di dalam kulkas selama beberapa jam sebelum menggunakannya. Semprotkan campuran tersebut pada kulit yang gatal atau iritasi. Spray dari peppermint oil bisa digunakan sebagai toner atau facial mist dalam perawatan sehari-hari.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Peppermint oil memiliki manfaat lain dalam mengatasi jerawat. Berkat sifat antimikrobanya, peppermint oil efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit.

Selain itu, peppermint oil juga membantu mengatur produksi sebum, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori dan timbulnya jerawat. Tambahan pula, peppermint oil membantu dalam membentuk penghalang kulit yang kuat.

3. Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Jika Anda memiliki kulit berminyak, peppermint oil dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Anda bisa menggunakan masker yang mengandung peppermint oil.

Caranya adalah dengan mencampur parutan timun dan green clay, kemudian tambahkan lima tetes peppermint oil dan aduk hingga merata.

Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah, biarkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan masker ini dua kali seminggu.

4. Menghilangkan Masalah Ketombe

Peppermint oil tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga memberikan manfaat yang baik untuk rambut, seperti menghilangkan ketombe.

Sifat antiseptik dan anti-inflamasi dari peppermint oil membantu mengatasi kekeringan dan gatal pada kulit kepala.

Anda bisa membuat masker rambut di rumah dengan menggunakan peppermint oil. Cukup siapkan wadah dan tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, panaskan hingga hangat, dan biarkan dingin beberapa saat.

Selanjutnya, tambahkan 20 tetes peppermint oil, 10 tetes tea tree oil, dan satu sendok teh minyak vitamin E ke dalam wadah.

Aduk rata dan pindahkan ke dalam botol sebelum mengoleskan secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa jam sebelum mencuci rambut dengan bersih.

5.Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.