Tak Hanya Lunasi Biaya, Calon Jemaah Haji Harus Divaksin COVID-19

Tak Hanya Lunasi Biaya, Calon Jemaah Haji Harus Divaksin COVID-19

Tri Adhianto Lepas Keberangkatan Jamaah Haji 2023--

FIN.CO.ID - Calon jemaah haji harus tetap menjalani vaksin COVID-19 yang menjadi salah satu syarat untuk berangkat ke Tanah Suci Makkah. Hal itu disebutkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Para calon haji tidak hanya melunasi biaya haji, mengurus paspor, dan visa. Tetapi juga harus tetap divaksin sebagai antisipasi dan melindungi calon haji itu sendiri," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kapuas Hulu Ali Fahruddin di Putussibau, Selasa 20 Februari 2024.

BACA JUGA:

Ali mengatakan, sampai saat ini sebanyak 142 calon haji di Kapuas Hulu sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). Namun, kata dia, ada beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi, salah satunya vaksin.

Selain itu, kata dia, kesehatan jemaah juga menjadi yang terpenting. Maka itu, sambungnya, calon jemaah haji harus menjaga kesehatannya. "Meskipun sudah divaksin, nantinya menjaga kesehatan, dan fisik tetap utama," ucapnya.

Terkait manasik haji, Ali menjelaskan, rencananya akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri 2024. Dia mengimbau, agar para calon haji mengikuti arahan serta mempersiapkan diri agar semua tahapan dapat berjalan lancar.

Ketua Tim Rujukan dan Pelayanan Khusus Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu Indra Adiguna menjelaskan, vaksin COVID-19 menjadi syarat keberangkatan haji yang telah ditetapkan Arab Saudi. Setiap calon jemaah haji diwajibkan telah vaksin COVID-19 minimal vaksin booster.

"Calon haji harus menerima vaksin setidaknya 10 hari sebelum keberangkatan dan wajib vaksin sebagai syarat yang diperlukan sebelum izin haji dapat dikeluarkan," tuturnya.

BACA JUGA:

Demokrat Anggap Hinaan Rocky Gerung ke Jokowi Sebagai Vaksin Kekebalan: Agar Kuat Menghalau Tekanan Oligarki

BACA JUGA:Jokowi Segera Cabut Status Pandemi, Tapi Vaksinasi Masih Berlanjut

Mihardi

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.