Ladies Wajib Tahu! Ini Manfaat Centella Asiatica Bagi Kesehatan Kulit

Ladies Wajib Tahu! Ini Manfaat Centella Asiatica Bagi Kesehatan Kulit

Berbagai Manfaat Centella Asiatica bagi Kesehatan Kulit-Sumber: FIN/PINTEREST-

FIN.CO.IDCentella Asiatica belakangan ini banyak diperbincangkan. Terutama oleh kaum hawa.  Hal ini dikarenakan manfaatnya yang dianggap sangat baik untuk perawatan kulit, Banyak produk perawatan wajah yang kini mengandung ekstrak dari tanaman ini.

Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit

Centella asiatica mengandung saponin, flavonoid, asam fenolik, dan terpenoid yang diyakini memiliki manfaat bagi kulit. Lalu, apa saja kebaikannya?

Menjaga kelembapan kulit

Ekstrak Centella asiatica dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami di kulit, sehingga menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Kandungan saponin dalam tanaman ini juga membantu menjaga hidrasi kulit dengan mengurangi penguapan air dari lapisan epidermis. 

Kulit yang tetap lembap cenderung terhindar dari masalah kulit seperti gatal, kusam, dan keriput.

Mengurangi peradangan

Selain menjaga kelembapan kulit, saponin juga memberikan perlindungan pada kulit dan mengurangi iritasi dengan menghambat sel-sel yang menyebabkan peradangan.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa efek Centella asiatica ini dapat membantu meredakan gejala beberapa penyakit kulit seperti dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan eksim atopik.

Namun, manfaatnya sebagai pengobatan penyakit kulit pada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

BACA JUGA:

 

Mencegah dan mengurangi kerusakan kulit

Centella asiatica mengandung antioksidan seperti flavonoid dan phenolic acid, yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang memicu penuaan dini pada kulit.

Penuaan dini kulit bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dan polutan seperti asap rokok dan asap kendaraan.

Mempercepat penyembuhan luka kulit

Terpenoid dalam Centella asiatica dapat mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan produksi kolagen, pembentukan pembuluh darah, dan sel kulit baru.

Ekstrak tanaman ini juga berguna untuk menyembuhkan luka bakar dan luka pada penderita diabetes. Ekstrak Centella asiatica juga membantu dalam pemulihan pasca operasi dan luka robek.

Mencegah stretch marks dan mengurangi selulit

Ekstrak Centella asiatica diyakini mampu mengurangi selulit pada area tubuh yang rentan terhadap masalah ini. Selain itu, dapat digunakan untuk mencegah stretch marks selama kehamilan dan masa pubertas.

Namun, bukti ilmiah masih terbatas terkait efektivitasnya dalam mengurangi stretch marks yang sudah terbentuk.

Jika ingin mencoba produk dengan ekstrak Centella asiatica, pilihlah yang mengandung kadar 2,5% hingga 5%. Tetapi, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya karena keamanan penggunaannya belum teruji.

Penggunaan produk Centella asiatica juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap zat tersebut.

Jika mengalami reaksi negatif setelah menggunakan produk, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

BACA JUGA:

 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.