Hati-hati! Ini Kandungan Paraben dalam Produk Perawatan Kulit

Hati-hati! Ini Kandungan Paraben dalam Produk Perawatan Kulit

Memahami Konsekuensi Kandungan Paraben dalam Produk Perawatan Kulit-SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Ladies harus tahu bahwa banyak produk perawatan kulit mengandung bahan berbahaya. Salah satunya paraben. Bahan ini memiliki kandungan menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri berbahaya agar produk tetap aman.

Seperti Ethylparaben, propylparaben, methylparaben, dan butylparaben. Ini adalah beberapa jenis paraben yang umum digunakan dalam produk kecantikan.

Biasanya label bahan-bahan dalam produk kecantikan biasanya mencakup beberapa jenis paraben. Paraben ini sering kali tidak hanya digunakan sendiri.

Tetapi juga dikombinasikan dengan bahan pengawet lainnya untuk meningkatkan kemampuan melindungi produk dari serangan mikroorganisme.

Berbagai produk kecantikan seperti pelembap, sabun pembersih wajah, dan beragam riasan wajah lainnya mengandung paraben. Selain itu, paraben juga ditemukan dalam krim cukur, sampo, sabun mandi, dan losion. Namun, penggunaan paraben dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh, antara lain:

BACA JUGA:

1. Menyebabkan reaksi alergi

Produk kecantikan yang mengandung paraben dapat menyebabkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit. Jika penggunaan terus-menerus dilakukan, reaksi ini dapat berkembang menjadi eksim. Oleh karena itu, paraben jarang digunakan sebagai bahan pengawet dalam salep antibiotik dan krim hidrokortison topikal.

2. Gangguan pada sistem endokrin

Paraben dapat mengganggu sistem endokrin karena strukturnya yang mirip dengan hormon estrogen. Hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.

3. Gangguan reproduksi

Penggunaan paraben juga dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan reproduksi dan perkembangan pada anak-anak serta remaja.

BACA JUGA:

4. Meningkatkan risiko kanker payudara

Penggunaan paraben pada produk kecantikan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara karena kemampuannya diserap oleh tubuh melalui kulit.

Untuk menghindari efek samping tersebut, disarankan untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung paraben dan memilih produk yang memiliki label "paraben free".

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.