4 Rekomendasi Gunung yang Bisa Didaki untuk di Tahun 2024

4 Rekomendasi Gunung yang Bisa Didaki untuk di Tahun 2024

4 Rekomendasi Gunung yang Bisa Didaki untuk Tahun Baru 2023-SUMBER : FIN/PINTEREST-

FIN.CO.ID - Mendaki gunung bukanlah kegiatan yang mudah. Pendaki harus siap menghadapi berbagai tantangan fisik dan mental, seperti medan yang terjal, cuaca yang tidak bersahabat, dan rasa lelah yang tak terhindarkan.

Namun, di balik semua itu, terdapat keindahan alam yang luar biasa, seperti pemandangan pegunungan yang megah, hamparan bunga yang bermekaran, dan suara gemericik air sungai.

Belakangan ini pendakian gunung menjadi favorit anak muda. Hal ini seiring dengan perkembangan media sosial yang begitu pesat. Sehingga pendakian gunung menjadi hal yang begitu digemari guna mengabadikan momen keindahannya di media sosial.

BACA JUGA:

Berikut adalah rekomendasi pendakian gunung yang kami rangkum

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB, adalah pilihan ideal untuk pendakian menjelang tahun baru. Sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl, Rinjani menawarkan pemandangan yang memukau meskipun tantangannya tinggi.

Taman Nasional Gunung Rinjani membuka akses pendakian selama liburan akhir tahun. Izin pendakian dapat diajukan melalui aplikasi eRinjani di Google Play Store. Tiket masuk tersedia dengan harga Rp5.000 untuk pendaki lokal dan Rp150 ribu untuk pendaki asing. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku saat mendaki.

BACA JUGA:

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu, terletak di tiga daerah di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang, juga merupakan pilihan populer untuk mendaki menjelang tahun baru.

Meskipun ketinggiannya mencapai 3.145 mdpl, jalur pendakiannya cenderung lebih mudah dibanding Gunung Rinjani. Namun, persiapan fisik dan perlengkapan tetap diperlukan karena terdapat hutan yang rapat dan sumber air terbatas.

Registrasi izin pendakian dapat dilakukan melalui booking.tngunungmerbabu.org dengan harga tiket masuk Rp5.000 untuk pendaki lokal pada hari biasa dan Rp7.500 pada akhir pekan. Pendaki asing dikenakan biaya Rp150 ribu pada hari biasa dan Rp225 ribu pada akhir pekan.

BACA JUGA:

3. Gunung Agung

menarik untuk didaki. Salah satu pilihan untuk menyambut tahun baru 2023 di Bali adalah Gunung Agung. Dengan ketinggian 3.142 mdpl, gunung ini dapat didaki melalui dua jalur, yakni melalui Pasar Agung atau Pura Besakih.

Jalur yang paling umum digunakan adalah Pura Besakih karena menawarkan pemandangan yang indah dan lebih mudah untuk mencapai puncak. Untuk mendaki Gunung Agung, pendaki lokal perlu membayar tarif Simaksi sebesar Rp25 ribu per orang, sementara pendaki asing sekitar Rp100 ribu per orang.

Sejak letusan pada tahun 2017, pendakian Gunung Agung wajib menggunakan jasa pemandu. Saat ini, terdapat banyak jasa guide pendakian Gunung Agung di Bali yang dapat dihubungi melalui media sosial.

4. Gunung Ciremai

Jika Anda ingin mengunjungi gunung yang dekat dengan Jakarta, Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bisa menjadi pilihan.

Gunung ini adalah yang tertinggi di Jawa Barat. Izin masuk ke Taman Nasional Gunung Ciremai dapat diurus secara online melalui tngciremai.menlhk.go.id, dan langkah-langkah pemesanan tiket dapat diikuti setelahnya.

Harga tiket masuk untuk pendaki lokal adalah Rp5.000 per orang per hari pada hari biasa, dan Rp7.500 per orang per hari pada akhir pekan.

Untuk pendaki asing, harga tiketnya adalah Rp150 ribu per orang per hari pada hari biasa, dan Rp225 ribu per orang per hari pada akhir pekan. Selain mendaki, aktivitas seperti berkemah, tracking, dan outbound training juga dapat dilakukan di sekitar Taman Nasional Gunung Ciremai. (*)

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.