10 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa, Wajib Dicoba!

10 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa, Wajib Dicoba!

10 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa, Wajib Dicoba!. Istockphoto.com--

FIN.CO.ID - Sudah menyiapkan menu takjil buka puasa apa sajakah kamu untuk bulan Ramadhan tahun ini?

Selain identik dengan sholat tarawih dan tadarus, bulan suci ramadhan juga identik dengan takjil.

Takjil merupakan istilah untuk hidangan yang biasa disantap ketika buka puasa.

Daftar menu takjil buka puasa sangat bervariatif dan masing-masing daerah biasanya memiliki menu takjil khasnya sendiri.

Sebelum membahas tentang menu takjil, sudah tahukan kamu apa makna dari kata takjil itu? Jika belum, yuk simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:

Pengertian Kata dan Arti Takjil

Takjil merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti percepatan, penyegaran, buru-buru, bergegas, tergesa-gesa.

Kata takjil merupakan isim masdar dari kata kerja “ngajjala – yungajjilu” yang berarti mempercepat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil berarti mempercepat (buka puasa).

Kata takjil selanjutnya digunakan oleh masyarakat Indonesia dan diartikan sebagai makanan atau menu buka puasa.

Menu takjil untuk buka puasa kerap kali identik dengan makanan manis dan menyegarkan.

Akan tetapi setiap daerah biasanya memiliki menu takjil khasnya masing-masing. Nah berikut ini Fin.co.id rangkum dari berbagai sumber akan kasih tahu beberapa menu takjil paling populer di Indonesia sebagai pilihan menu takjil sebulan.

1. Kolang Pisang Ubi

Ya cemilan pertama ini mungkin tak asing lagi, Kolang pisang ubi termasuk salah satu menu takjil wajib yang harus selalu ada ketika buka puasa.

Bisa dibilang, sajian manis ini adalah salah satu resep takjil buka puasa paling laris. Menu ini terdiri dari pisang dan ubi yang direbus di dalam kuah santan dan gula merah.

2. Kolak Biji Salak

Biji salak termasuk salah satu menu takjil yang tidak pernah absen ketika bulan puasa.

Rasanya yang manis sangat cocok disantap untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Berikut ini resep rekomendasi menu takjil buka puasa kolak biji salak yang enak dan mudah dibuat.

3. Bubur Sumsum

Mirip dengan bubur mutiara, bubur sumsum juga memiliki rasa yang manis menggoda.

4. Sup buah

Sup buah termasuk salah satu menu takjil buka puasa yang praktis namun menjadi favorit banyak orang lho.

4. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo adalah minuman khas Makassar yang terbuat dari bahan pisang yang jadi favorit untuk buka puasa. Menu ini disukai oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis.

5. Es Kacang Merah

Hidangan takjil lain yang perlu kamu coba yakni es kacang merah. Es kacang merah rasanya manis dan segar sehingga cocok untuk menghilangkan dahaga saat berbuka puasa.

6. Tempe Mendoan

BACA JUGA:

Siapa sih yang tak suka dengan tempe mendoan? Kudapan khas Indonesia ini sangat mudah dinikmati oleh semua kalangan lho.

Rasanya yang gurih membuat suasana berbuka puasa menjadi nikmat. Tak heran jika tempe mendoan dijadikan salah satu menu takjil buka puasa yang sangat diminati. Meski berupa gorengan, tempe mendoan tetap jadi favorit yang masuk ke dalam pilihan makanan ringan untuk berbuka puasa gaes.

7. Bubur Kacang Hijau

Menu takjil buka puasa lain yang dapat kamu jajal adalah bubur kacang hijau. Makanan ini merupakan sumber protein serta vitamin B yang sangat baik untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah berpuasa.

8. Cendol

Menu takjil recommended lainnya adalah es cendol. Karena berbuka puasa identik dengan makanan dan minuman manis, maka es cendol layak dicoba.

Bahkan, di era sekarang ini kamu bisa menemukan menu takjil satu ini dalam versi kekinian. Berkembangnya variasi resep takjil buka puasa seperti cendol kekinian yang laris bahkan menjadi sebuah peluang bisnis yang banyak digeluti sepanjang bulan Ramadan.

BACA JUGA:

9. Es Cincau

Es cincau berbeda dengan es cendol. Meskipun sekilas mirip, namun keduanya berbeda

10. Manisan Kolang Kaling

Manisan kolang kaling juga merupakan salah satu menu berbuka puasa yang recommended untuk dicoba. Kolang kaling memiliki rasa yang lezat.

Selain itu, kolang kaling juga adalah bahan makanan yang nyaman di perut sehingga tidak menimbulkan begah atau kembung.

Itulah 10 rekomendasi menu Takjil buka puasa, wajib dicoba, Selamat mencoba.(*)

Noerma Puspita

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.