Cara Mudah Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Khusus yang Super Sibuk Kerja

Cara Mudah Khatam Alquran 30 Juz di Bulan Ramadan, Khusus yang Super Sibuk Kerja

Ilustrasi Alquran.-EmAji-Pixabay

FIN.CO.ID- Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, di mana pahala dilipatgandakan

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah membaca Alquran.  Banyak Muslim yang ingin khatam (men menyelesaikan) Alquran di bulan suci ini.  

Banyak hadis yang menjelaskan tentang keutamaan membaca Alquran. Salah satunya yang paling terkenal yakni hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, No. 6469, Rasulullah Salallahu'alaihiwassalam bersabda:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan “Alif Laam Miim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf".

BACA JUGA:

Untuk itu, pastikan Anda bisa mengkhatam Alquran di momen bulan suci Ramadan ini.

Ingat bahwa belum tentu kita bisa kembali menjumpai bulan yang istimewah ini di tahun-tahun yang berikutnya. Sebab, ajal seseorang tidak ada yang mengetahui, kecuali Rabb.

Nah, bagi Anda yang baru memulai untuk mengkhatam Alquran, berikut kamis sediakan tips khatam Alquran 30 jus di bulan Ramadan.

1. Gunakan Mushaf Alquran yang dicetak per juz

Anda bisa menggunakan jumlah Juz dalam Mushaf Al-Qur’an. Caranya gunakan Mushaf Al- Qur’an yang dicetak per-juz, biasa disebut mushaf khataman.

Satu juz berisikan 11 lembar atau 22 halaman. Gunakan sistem target, jika 1 hari dibaca 1 juz dalam sebulan akan khatam. Mushaf Al-Qur’an terdiri dari 30 juz yang panjangnya bervariasi, jadi target yang harus dicapai adalah membaca 1 juz setiap hari. 

BACA JUGA:

2. Gunakan Jumlah lembar setiap juz. 

Menggunakan jumlah lembar dalam tiap Juz Al-Qur’an; apabila dirasakan berat untuk menamatkan 1 juz di satu waktu.

Misalnya ba’da tarawih atau ba’da Subuh, dapat dipertimbangkan tips yang satu ini, yaitu dengan membagi jumlah lembar dalam 1 juz kemudian dibaca setiap selesai shalat wajib. 

Mushaf Al-Qur’an yang umum beredar di Indonesia, rata-rata dalam 1 juz terdapat 9-10 lembar (ada juga yang lebih).

Afdal Namakule

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.