Sikat Gigi Saat Puasa: Batal atau Tidak?

Sikat Gigi Saat Puasa: Batal atau Tidak?

Sikat Gigi Saat Puasa: Batal atau Tidak?-FIN/FREEPIK-

FIN.CO.ID- Puasa adalah kegiatan menahan lapar, haus, dan hal-hal lain yang membatalkan. Selama puasa, kita juga harus menghindari sesuatu dari luar masuk ke dalam tubuh melalui bagian manapun.

Lalu, bagaimana dengan sikat gigi saat puasa? Apakah sikat gigi dapat membatalkan puasa? Berikut informasinya.Sikat gigi saat puasa diperbolehkan, tetapi jangan sampai ada air yang tertelan karena akan membatalkan puasa.

Hal ini disebabkan oleh hadis Rasulullah SAW yang berkata, "Bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah dari aroma kesturi". 

Sehingga, menyikat gigi saat puasa boleh dan tidak membatalkan puasa. Namun, harus mengutamakan kehati-hatian agar tidak membatalkan atau mengurangi pahala puasanya.

Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain menjelaskan bahwa berkumur dan sikat gigi saat berpuasa hukumnya Makruh artinya jika dikerjakan tidak berdosa, namun jika ditinggalkan akan mendapat kebaikan. 

BACA JUGA:

Makruh berarti tidak berdosa jika dilakukan, tapi jika ditinggalkan maka lebih baik dan akan mendapat pahala. Oleh karena itu, orang yang berpuasa hendaknya menggosok gigi sebelum waktu imsak tiba.

Jika sudah siang, cukup gosok gigi dengan kayu siwak (arok) atau dengan sikat gigi tanpa menggunakan pasta. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut serta gigi pada saat berpuasa.

Dalam hal ini, sikat gigi dengan pasta gigi tidak membatalkan puasa sebagai siwak. Hal ini selama menjaga diri dari sesuatu yang masuk dalam rongga perut. Jika tidak sengaja ada sesuatu yang masuk di dalam, maka tidak batal.

Dalam kitab Al-Majmu', syarah al-Muhadzdzab, Imam Nawawi menganjurkan untuk menjaga kehati-hatian ketika menggosok gigi saat berpuasa. Sehingga, orang yang berpuasa mesti berhati-hati saat menyikat gigi agar tidak membatalkan puasa.

Ini adalah penjelasan mengenai hukum sikat gigi saat puasa. Semoga bermanfaat. (*)

 

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.