Puasa Tapi Makruh? Ini 5 Kesalahan yang Sering Tidak Disadari

Puasa Tapi Makruh? Ini 5 Kesalahan yang Sering Tidak Disadari

Puasa Tapi Makruh? Ini 5 Kesalahan yang Sering Tidak Disadari-FIN/FREEPIK-

FIN.CO.ID - Puasa Ramadan merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Di bulan ini, umat Islam menahan diri dari hawa nafsu. Termasuk makan dan minum, dari terbit hingga terbenamnya matahari. 

Namun, Tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang makruh dilakukan saat puasa? Makruh berarti perbuatan yang tidak disukai Allah SWT, meskipun tidak sampai berdosa.

Berikut adalah 5 kesalahan yang sering tidak disadari saat puasa, dan termasuk perbuatan makruh:

Puasa adalah salah satu ibadah wajib di Islam yang dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan. Namun, ada beberapa perbuatan yang dianjurkan untuk dihindari saat puasa, yang disebut makruh.

1. Mencicipi Makanan
Mencicipi makanan saat puasa merupakan hal yang makruh. Ini karena khawatir akan mengantarkannya sampai ke tenggorongkan. Jika mencicipi, wajib meludahkannya lagi supaya tidak ada sisa yang memungkinkan akan tertelan, sehingga dapat membuat puasanya menjadi batal

2. Membayangkan Bersetubuh
Membayangkan sedang berjimak (bersetubuh) merupakan hal yang makruh saat berpuasa. Hal ini dapat mendorong dirinya mengeluarkan sperma, sehingga puasanya bisa rusak dan menjadi berdosa.

3. Berlebihan dalam Berkumur
Berlebihan dalam berkumur saat berwudhu dikhawatirkan akan memasukkan air wudhu kedalam perut. Hal ini perlu dihindari. Namun, apabila air tidak sengaja masuk, tidak akan membatalkan puasa.

 

BACA JUGA:

4. Berbekam

Bekam adalah terapi pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor dari tubuh. Makruh melakukan bekam saat puasa karena dikhawatirkan akan melemahkan tubuh.

5.  Bergunjing atau Ghibah
Baik sedang puasa atau tidak, bergunjing atau ghibah merupakan hal yang tidak disukai. Hal ini dapat menyimpang dari esensi puasa yang seharusnya mengarah ke kesempurnaan dan pengabdian kepada Allah.

Dalam melakukan puasa, penting untuk menghindari hal-hal yang makruh demi mendapatkan keberkahan dari ibadah puasanya.

Selain itu, penting untuk meninggalkan perkara-perkara yang dianjurkan untuk dihindari demi mendapatkan kesempurnaan puasa yang dilakukan.

Mega Oktaviana

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.