Kuota SNBT 2024: 246.667 Mahasiswa Baru Akan Diterima di PTN Seluruh Indonesia

Kuota SNBT 2024: 246.667 Mahasiswa Baru Akan Diterima di PTN Seluruh Indonesia

Jadwal UTBK SNBT 2024--https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

FIN.CO.ID - Perguruan tinggi negeri (PTN) menyiapkan kuota 40 persen dalam SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) 2024. Artinya ada 246.667 calon mahasiswa yang akan diterima di PTN seluruh Indonesia. 

 "SNBT tahun ini kursinya lebih banyak. Kuotanya untuk PTN seluruh Indonesia mencapai  246.667," ujar Wakil Ketua 1 Tim Penanggung Jawab SNPMB, Rina Indiastuti dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di YouTube SNPMB BPPP, dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024.

Sementara, lanjut dia, daya tampung untuk Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 sebanyak 589.442. Diketahui, jalur tersedia adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), SNBT, dan Mandiri.

"SNBP daya tampungnya 166.460 dan sisanya ada di mandiri. Kalau mandiri itu semua ada di perguruan tinggi negeri masing-masing," terangnya.

Dia berharap, dengan banyaknya kuota tersebut, calon mahasiswa lebih semangat masuk ke PTN. Serta masuk ke dalam program studi (prodi) yang diinginkan. "Peluang masih sangat terbuka lebar. Jadi lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya," papar Rina.

BACA JUGA:


Tes UTBK-SNBT Dibuka Jam 15.00 WIB, Ini Link, Cara Daftar & Ketentuan Memilih Prodi-fin/diolah-

Gak Lolos SNBP Bisa Daftar SNBT

Siswa yang kini mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) harus menunggu pengumuman terlebih dahulu. Karena tidak semua siswa dapat mendaftar SNBT. 

"Hasil SNBP akan diumumkan pada 26 Maret 2024. Apabila dinyatakan tidak lolos, barulah siswa dapat mendaftar SNBT," ujar Koordinator Humas dan Promosi SNPMB, Ismaini Zain dalam Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 di YouTube SNPMB BPPP, seperti dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024.

Karena itu, dia meminta siswa tidak perlu khawatir tidak dapat mengikuti SNBT. Sebab, tidak ada pembatasan kuota pendaftar SNBT.

"Ketika diumumkan 26 Maret dan tidak lolos SNBP, pasti dapat kursi untuk mendaftar UTBK," imbuhnya. 

BACA JUGA:

Menurutnya, aturan ini untuk melindungi siswa yang juga mengikuti SNBP 2024. Sehingga tidak perlu keluar uang untuk pendaftaran SNBT.

"Jadi, biar jangan bayar dulu. Karena barang kali lolos SNBP. Karena masa pendaftaran masih tersisa hingga tanggal 5 April 2024," urainya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Tim Penanggung Jawab SNPMB, Rina Indiastuti mengatakan, pendaftar yang tidak lolos SNBP dapat mengikuti SNBT. Karena, pengumuman akan dilakukan pada 26 Maret 2024.

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.