Jangan Khilaf! Begini Cara Kelola THR Biar Gak Cepet Habis

Jangan Khilaf! Begini Cara Kelola THR Biar Gak Cepet Habis

Ilustrasi THR (Tunjangan Hari Raya)-Ist-Net

FIN.CO.ID - Salah satu momen menjelang hari raya Idul fitri yang selalu dinanti-nanti adalah Tunjangan Hari Raya atau THR. Nah, THR biasanya digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan untuk lebaran. 

Diketahui, THR sudah diatur dalam peraturan menteri tenaga kerja. Yaitu Permenaker Nomor 6 Tahun 2016. Bagi sebagian orang THR ini bisa sangat membantu perekonomian keluarga. 

Tetapi, tidak sedikit orang yang langsung khilaf membelanjakan semua uang THR. Untuk keperluan penting hingga tidak terlalu penting. Bagaimana cara mengelola uang THR agar tak cepat habis?

Tips Agar THR Bisa Dikelola dengan Baik

1. Menabung

Saat pertama kali menerima TRH, hal pertama yang dilakukan adalah menabung sebagian uang tersebut. Ini bertujuan agar tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak terlalu penting.

BACA JUGA:

2. Tahan Hasrat Belanja Online

Belanja boleh saja selama itu sesuai dengan kebutuhan, yang tidak boleh adalah belanja berlebihan. Sehingga mengakibatkan barang tersebut yang kita beli jadi tidak bermanfaat alias mubazir.

3. Alokasikan untuk Zakat dan Sedekah

Bulan suci Ramadan tentunya menjadi bulan yang penuh rahmat dan berkah. Alangkah baiknya sebelum hari raya Idulfitri bersama-sama menebar kebaikan untuk membantu  dengan bersedekah dan berzakat. 

Mulai dari sekarang biasakan untuk menghemat pengeluaran yang tidak perlu. Alihkanlah untuk kebutuhan ibadah, baik itu sedekah, maupun zakat.

4. Buat Daftar Kebutuhan Penting

Jangan sampai uang THR yang Anda terima langsung habis karena membeli hal yang tidak penting atau tidak dibutuhkan. Alangkah lebih baiknya untuk membuat daftar kebutuhan mendesak dan tidak mendesak.

5. Sisihkan untuk Dana Darurat

Tip selanjutnya adalah menyisihkan dana untuk keperluan darurat. Anda bisa alokasikan uang THR 20 hingga 30 persen untuk keperluan dana darurat. 

Hal tersebut sangat penting dilakukan, karena Anda tidak akan tahu kebutuhan darurat seperti apa yang akan datang. Dalam beberapa hari atau beberapa minggu kedepan.

6. Rencanakan Pengeluaran Lebaran Berikutnya

Yang terakhir adalah selalu mereview pengeluaran lebaran tiap tahunnya. Misalkan di Lebaran tahun 2024 ini menghabiskan uang sekitar 5 juta.

Untuk Learan tahun 2025 berarti kita harus menyiapkan uang kurang lebih 5 juta. Harus sesuai dengan pengeluaran tahun lalu.

Dengan skema ini kita jadi bisa menyisihkan penghasilan tiap bulannya untuk keperluan hari raya yang akan datang. Sehingga dana THR yang diterima tahun depan bisa digunakan untuk keperluan investasi atau tabungan.

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.