7 Amalan dan Doa yang Dianjurkan di Penghujung Ramadan

7 Amalan dan Doa yang Dianjurkan di Penghujung Ramadan

Ilustrasi - Rumah Tahfiz al Quran-ist-net

FIN.CO.ID - Tidak lama lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijrian atau Lebaran 2024. Itu artinya saat ini umat muslim sudah berada di penghujung bulan suci Ramadan.

Penghujung Ramadan adalah waktu yang istimewa untuk semakin meningkatkan ibadah dan memanjatkan doa. Bahkan, ada beberapa amalan yang dianjurkan di 10 hari terakhir Ramadan.

BACA JUGA:

Berikut beberapa amalan dan doa yang dianjurkan di 10 hari terakhir Ramadan:

Doa Akhir Ramadan

Dianjurkan membaca doa khusus di akhir Ramadan.

Berikut bacaan doa akhir Ramadan:

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Latin: Allahumma laa taj'alhu akhira al-'ahdi min siyamina iyyahu, fa in ja'altahu faj'alni marhuma wa la taj'alni mahruma.

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Jika Engkau telah mentakdirkan demikian, maka masukkanlah aku ke dalam golongan orang yang mendapat ampunan dan janganlah masukkan aku ke dalam golongan orang yang terhijab dari kebaikannya.

Amalan di Penghujung Ramadan

  1. Salat Tarawih dan Salat Malam: Perbanyaklah salat sunnah seperti tarawih dan salat malam, terutama pada malam ganjil yang di dalamnya terdapat Lailatul Qadr.
  2. Membaca Al-Quran: Perbanyak membaca Al-Quran untuk memperdalam iman dan memperbanyak pahala.
  3. Zakat Fitrah: Keluarkan Zakat Fitrah sebelum Salat Idul Fitri.
  4. Memperbanyak Sedekah: Sedekah di bulan Ramadan pahalanya akan dilipatgandakan, maka perbanyaklah sedekah kepada yang membutuhkan.
  5. Taubat: Perbanyaklah taubat untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.
  6. I'tikaf: Bagi yang mampu, dianjurkan untuk melakukan i'tikaf yaitu berdiam diri di masjid dengan tujuan beribadah di sepuluh hari terakhir Ramadan.
  7. Memperbanyak Dzikir: Dzikir seperti membaca tasbih, tahmid, dan tahlil dapat menjadi penenang hati dan bentuk mengingat Allah SWT.

Intinya, perbanyaklah ibadah dan amal kebaikan di penghujung Ramadan untuk meraih pahala yang maksimal dan mempersiapkan diri menyambut Idul Fitri dengan hati yang bersih.

BACA JUGA:

Mihardi

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.