Hukum Salat Idul Fitri Wajib Atau Sunnah? Simak Penjelasannya Berdasarkan Dalil

Hukum Salat Idul Fitri Wajib Atau Sunnah? Simak Penjelasannya Berdasarkan Dalil

Ilustrasi Salat Idulfitri--

FIN.CO.ID- Salat Idul Fitri adalah salat yang digelar sekali dalam setahun, tepatnya pada 1 Syawal bulan hijriah. 

Idul Fitri asal katanya Ied yang arti hari raya, dan Fitri yang arti suci. Sehingga Idul Fitri diartikan sebagai har raya suci. 

Idul Fitri juga disebut hari kemenangan bagi umat islan yang beriman setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan

Salat Idul Fitri dikerjakan mulai pada pukul 07.00 WIB dengan jumlah dua rakaat. Lantas bagaimana hukum salat Idul Fitri, wajib atau sunnah. 

Hukum Salat Idul Fitri

Setidaknya ada dua pendapat tentang hukum salat Idul Fitri. Pendapat pertama mengatakan bahwa hukum salat Idul Fitri adalah sunnah yang dianjurkan. Atau sunnah muakad. Kedua, salat Idul Fitri wajib hukumnya. 

Pendapat Salat Idul Fitri itu Sunnah Muakad:

Pendapat ini merujuk pada hadis berikut:  Dari hadits Thalhah bin Ubaidillah, ia berkata :

“Telah datang seorang laki-laki penduduk Nejed kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepalanya telah beruban, gaung suaranya terdengar tetapi tidak bisa difahami apa yang dikatakannya kecuali setelah dekat. Ternyata ia bertanya tentang Islam. 

"Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :”Shalat lima waktu dalam sehari dan semalam”. Ia bertanya lagi : Adakah saya punya kewajiban shalat lainnya ?. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :”Tidak, melainkan hanya amalan sunnah saja”. 

Beliau melanjutkan sabdanya: "Kemudian (kewajiban) berpuasa Ramadhan”. Ia bertanya : Adakah saya punya kewajiban puasa yang lainnya ?. Beliau menjawab: ”Tidak, melainkan hanya amalan sunnah saja”. 

Perawi (Thalhah bin Ubaidillah) mengatakan bahwa kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan zakat kepadanya. Iapun bertanya ;”Adakah saya punya kewajiban lainnya ?. “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :”Tidak, kecuali hanya amalan sunnah saja”. Perawi mengatakan :”Setelah itu orang ini pergi seraya berkata : Demi Allah, saya tidak akan menambahkan dan tidak akan mengurangkan ini”. (Menanggapi perkataan orang itu) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :”Niscaya dia akan beruntung jika ia benar-benar (melakukannya)”.

Dari hadis di atas, pendapat ini berpandangan bahwa salat Idul Fitri dan Idul Adha hukumnya Sunnah Muakad atau Sunnah yang dianjutkan. 

Pendapat Salat Idul Fitri itu wajib

Pendapat kedua Salat Idul Fitri hukumnya wajib bagi setiap muslim yang tidak mempunyai uzur atau halangan yang syar'ih. 

Afdal Namakule

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.