Dominasi TikTok dan Instagram: Begini Media Sosial Mengubah Cara Gen Z Mencari Informasi

Dominasi TikTok dan Instagram: Begini Media Sosial Mengubah Cara Gen Z Mencari Informasi

--

FIN.CO.ID- Tidak dapat disangkal bahwa TikTok dan Instagram telah menjadi dua dari aplikasi paling populer di kalangan Gen Z. 

Bahkan menurut penelitian tertentu, generasi milenial cenderung lebih memilih kedua platform media sosial tersebut sebagai sumber informasi utama daripada melakukan pencarian langsung di Google. 

Sebagai alternatif dari menggunakan mesin pencari Google Search atau Maps, sejumlah pengguna internet dari generasi Z (Gen Z) lebih memilih mengandalkan TikTok dan Instagram untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

 Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden Google yang bertanggung jawab atas Knowledge & Information organization, Prabhakar Raghavan. 

BACA JUGA:Bikin Kesel, Ini 5 Alasan Kucing Peliharaan Suka Mencakar Jok Motormu!

BACA JUGA: Cara Mengemas Pakaian Ke Dalam Koper agar Muat, Berikut Beberapa Tips dan Triknya!

Dukungan data internal Google yang dilaporkan oleh TechCrunch juga menunjukkan bahwa sebagian besar dari Gen Z (kelahiran 1997 hingga 2012, menurut Pew Research Center) lebih suka menggunakan TikTok daripada Google untuk mencari sesuatu secara online. Temuan ini juga diperkuat oleh laporan terbaru dari firma riset YPulse yang secara khusus memantau perilaku anak muda. 

Menurut YPulse, sekitar 46 persen dari responden mereka yang berusia 18-24 tahun (Gen-Z) masih melakukan pencarian informasi atau "googling" di Google, diikuti oleh 21 persen yang menggunakan TikTok dan 5 persen yang menggunakan YouTube. 

Namun, ketika dibandingkan dengan jumlah responden YPulse yang termasuk dalam kategori milenial (usia 25-39 tahun), pengguna dalam kategori ini lebih banyak mencari informasi di Google dengan angka sekitar 58 persen. 

Hal ini menunjukkan bahwa Gen Z cenderung lebih memilih TikTok untuk mencari informasi karena mereka tumbuh dan berkembang di era dominasi media sosial, sementara milenial mungkin melihat media sosial hanya sebagai alat untuk bersosialisasi online, bukan sebagai sumber informasi. 

BACA JUGA:Motivasi Diri: Kunci Mengubah Hidup Menjadi Lebih Positif

BACA JUGA:Mengungkap Makna Viral 'Core' yang Sering Muncul di TikTok dan X

Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa Gen Z, bersama dengan generasi yang lebih muda, akan lebih cenderung mencari berita di media sosial dibandingkan generasi yang lebih tua seperti milenial, terutama karena maraknya berita dan tren yang menyebar dengan cepat dan mudah diakses melalui platform media sosial.(*)

Aulia Yesella

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.