Wajib Tahu! Ini Perbedaan Hari Kenaikan dan Kebangkitan Yesus Kristus

Wajib Tahu! Ini Perbedaan Hari Kenaikan dan Kebangkitan Yesus Kristus

Perbedaan Hari Kenaikan dan Kebangkitan Yesus Kristus-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Umat Kristiani memperingati Hari Kenaikan Yesus Kristus pada Kamis, 9 Mei 2024. Pemerintah memutuskan mengubah nomenklatur dari Isa Almasih menjadi Yesus Kristus. 

Perubahan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-hari Libur. Ini menjadi pengingat bagi umat Kristiani terkait pengorbanan Yesus Kristus demi manusia. 

Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, alasan perubahan nama itu merupakan usulan dari umat Kristen. 

Pemerintah pun meresponsnya dengan menyetujui perubahan nama Isa Almasih menjadi Yesus Kristus.  

"Ini usulan dari umat Kristen dan Katolik agar nama nomenklatur itu diubah ke yang mereka yakini. Adapun yang mereka yakini, yaitu adalah kelahiran Yesus Kristus, wafatnya Yesus Kristus, dan kenaikan Yesus Kristus," kata Saiful pada Kamis, 9 Mei 2024. 

BACA JUGA:

Hari Kenaikan Yesus Kristus sering disamakan dengan Hari Kebangkitan atau biasa disebut Paskah. Sementara, kedua momen tersebut tidak terjadi bersamaan meskipun masih memiliki korelasi.

Bagi iman Kristiani, Hari Kebangkitan merupakan momen kebangkitan Yesus yang telah membuktikan kemenangan atas kematian. Manusia memperoleh hidupnya kembali walaupun sudah mati.

Dikutip dari Kementerian Agama, kematian adalah peristiwa alami yang dialami semua makhluk hidup di dunia. Namun, manusia yang berkumpul bersama Tuhan Yesus ikut serta mengalami kemenangan atas kematian hidup di dunia.

Kebangkitan Yesus terjadi tiga hari setelah Ia mati di kayu salib. Pada hari Minggu, Yesus bangkit dibuktikan dengan kubur yang kosong dan hanya menyisakan kain kafan serta kain peluh.

Lembaga Alkitab Indonesia mencatat bahwa hal pertama yang Yesus lakukan setelah kebangkitan-Nya adalah mengizinkan setiap orang untuk melihat-Nya. Menegaskan bahwa Dia ada, dan menegaskan fakta tentang kebangkitan-Nya.

Sementara 40 hari setelah Paskah atau yang dikenal Hari Kenaikan Yesus Kristus, merupakan momen di saat Yesus naik ke surga. Yang melambangkan terjadi sebuah 'kesempurnaan' relasi.

BACA JUGA:

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.