Wisata

Mengenal Model Bus Discovery, Bodi Lama Trans Putera Fajar yang Diubah Jadi JetBus 3

lifestyle.fin.co.id - 13/05/2024, 19:12 WIB

Kondisi bus Trans Putera Fajar menggunakan body Discovery sebelum berubah menjadi JetBus 3 SHD

FIN.CO.ID - Sebelum menjadi bodi JetBus 3 SHD, bus pariwisata Trans Putera Fajar yang kecelakaan di Subang Ciater aslinya adalah bodi Discovery buatan Karoseri Laksana.

Perombakan bodi dari Discovery menjadi mirip JetBus 5 buatan Karoseri Adi Putro, bertujuan untuk memenuhi tuntutan dan selera pasar.

Berbicara tentang Trans Putera Fajar, mulanya bus tersebut dimiliki oleh salah satu perusahaan otobus (PO) asal Sumatera dan menggunakan bodi Discovery.

Kondisi bus Trans Putera Fajar menggunakan body Discovery sebelum berubah menjadi JetBus 3 SHD-(Dokumen Milik Fa'iq Kurniawan)-

Bodi Discovery memang sangat menarik para pengusaha bus, semenjak dikenalkan Karoseri Laksana pertama kali di pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2012.

Karoseri Laksana meluncurkan bodi Discovery untuk menggantikan model bus besar dengan bodi Proteus, yang akhirnya menjadi penyegaran model terbaru.

Model ini diluncurkan untuk menyasar segmen operator bus reguler Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), ataupun Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP).

BACA JUGA : 

Saat peluncurannya, Karoseri Laksana menjual bodi Discovery untuk dapat digunakan sasis bermesin depan maupun mesin belakang.

Para pengusaha yang ingin membeli bodi ini juga disediakan dalam 2 pilihan, yaitu model dengan berpendingin udara (AC) maupun non-AC untuk bus kelas Ekonomi.

Kehadiran bodi Discovery mendapat sambutan sangat baik dari pasar, sejumlah PO asal Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera banyak melakukan pembelian.

Bus Trans Putera Fajar usai ubah bodi Discovery menjadi JetBus 3 SHD-(Dokumen Istimewa)-

Bodi Discovery umumnya memiliki tinggi seperti model HD dan HDD, yang banyak digunakan perusahaan bus mesin depan di Jawa Timur.

Namu huna memenuhi tuntutan dan selera pasar, bodi Discovery yang kini digunakan Trans Putera Fajar telah dirombak menjadi Jetbus 3 SHD.

Berdasarkan olah TKP kepolisian di lokasi kecelakaan, tinggi bus Trans Putera Fajar berubah dari standarmenjadi model SHD dan tidak sesuai dengan tinggi bodi Discovery.

Tuahta Aldo
Penulis