Otomotif . 15/05/2025, 19:46 WIB
Penulis : Sigit Nugroho | Editor : Sigit Nugroho
fin.co.id - Perbedaan sasis MAN RR4 dan RR5 mungkin tak langsung terlihat dari luar, tapi secara teknis, keduanya dirancang dengan tujuan berbeda. Buat kamu yang bergelut di dunia transportasi atau sekadar pencinta bus, memahami karakter masing-masing sasis ini penting agar bisa memilih sesuai kebutuhan.
Sasis MAN RR4 (Istimewa)
MAN RR4 adalah sasis tiga gardan yang dikembangkan langsung oleh MAN sebagai unit lengkap atau fully built-up. Sasis ini mengusung mesin MAN D2676 berstandar Euro 6d, dengan tenaga mencapai 510 dk dan torsi hingga 2.500 Nm. Performa ini hadir mulai dari putaran rendah 930 rpm, cocok untuk menopang bodi besar seperti bus double decker jarak jauh.
Suspensi depan RR4 sudah menggunakan Independent Front Suspension (IFS) yang menawarkan kenyamanan maksimal. Sementara untuk kestabilan, sasis ini dilengkapi gardan belakang Hypoid HY1350-B01 dan gardan tambahan yang dikendalikan secara elektro-hidrolik.
Dengan transmisi otomatis MAN Tipmatic 12OD dan retarder, RR4 adalah pilihan ideal bagi operator yang menginginkan performa tinggi tanpa perlu banyak penyesuaian.
Sasis MAN RR5 (Sumber YouTube ARF BUS CHANNEL)
Berbeda dari RR4, MAN RR5 hadir dalam bentuk Chassis in the Box (CIB)—artinya sasis ini dikirim dalam bentuk kit dan dirakit oleh karoseri lokal. Sasis ini menggunakan mesin MAN D2066 Euro 3 yang menghasilkan tenaga 430 dk, cocok untuk pasar dengan regulasi emisi yang lebih rendah.
Konfigurasi gardan dan suspensinya serupa dengan RR4, tetapi penyesuaian desain dan fitur bisa lebih fleksibel karena perakitannya dilakukan di dalam negeri. Ini memungkinkan operator atau karoseri untuk menyesuaikan bodi dan fitur sesuai permintaan pasar.
PT.Portal Indonesia Media