Mengupas Sejarah Imlek: Tradisi dan Maknanya

Mengupas Sejarah Imlek: Tradisi dan Maknanya

Mengupas Sejarah Imlek: Tradisi dan Maknanya--Google Photos

FIN.CO.ID - Tahun baru Imlek atau yang dikenal sebagai "Gong Xi Fa Cai" merupakan salah satu perayaan paling penting dalam budaya Tionghoa.

Perayaan ini dirayakan oleh budaya Tionghoa yang merayakan kedatangan tahun baru menurut penanggalan lunar.


Ucapan Imlek 2024, Image: Tún / Pexels--

Sejarahnya yang kaya telah membentuk tradisi-tradisi yang beragam dan memiliki makna mendalam bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Awal Mula Perayaan Imlek

Perayaan Imlek memiliki akar yang dalam dalam sejarah Tiongkok kuno. Menurut legenda, tradisi ini bermula dari perayaan untuk mengusir monster bernama "Nian" yang dikenal suka menyerang desa-desa dan memangsa penduduk.

BACA JUGA:

Orang-orang pada zaman dahulu menyadari bahwa monster Nian takut pada warna merah, suara keras, dan cahaya.

Sejak itu, tradisi menyala kembang api, menggantung lentera merah, dan mengenakan pakaian merah menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Imlek.


5 Rekomendasi Hiasan Imlek dari Origami untuk Meriahkan Tahun Baru Imlek-Sumber : pinterest-

Simbolisme dan Tradisi

Perayaan Imlek penuh dengan simbolisme yang kaya. Selain warna merah yang melambangkan keberuntungan, ada pula angpao atau amplop merah yang berisi uang sebagai simbol keberuntungan dan harapan akan kesuksesan di tahun yang baru.

Selain itu, makanan khas Imlek seperti dumpling dan nian gao memiliki makna simbolis tertentu, misalnya dumpling melambangkan kemakmuran dan nian gao melambangkan kemajuan tahun demi tahun.

BACA JUGA:

Perayaan di Seluruh Dunia

Meskipun Imlek berakar di Tiongkok, perayaan ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia yang memiliki komunitas Tionghoa yang signifikan.

Negara-negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Amerika Serikat merayakan Imlek dengan pawai lentera, pertunjukan barongsai, dan berbagai festival budaya yang memamerkan kekayaan warisan Tionghoa.

Perayaan Imlek bukan hanya sekedar merayakan pergantian tahun, tetapi juga menghormati tradisi nenek moyang dan memperkokoh ikatan keluarga.

Dengan simbolisme yang dalam dan tradisi yang kaya, Imlek tetap menjadi salah satu perayaan budaya yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia.

Brigita

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.